Hati-Hati! Ada Udang Di Balik Keju!

0
17

.Anda penggemar keju? Berhati-hatilah. Sebab, memakan keju lebih dari 50 gram per hari bisa meningkatkan risiko kanker kandung kemih, demikian hasil sebuah studi mengungkapkan.

Sejumlah peneliti mengawali penelitian dengan membandingkan konsumsi lemak jenuh dan lemak sehat terhadap tingkat risiko kanker. Lemak sehat seperti minyak zaitun, memberikan perlindungan yang baik terhadap kanker, dibandingkan lemak jenuh seperti ditemukan dalam produk daging dan susu.

Para peneliti kemudian mempelajari kebiasaan makan 200 pasien kanker kandung kemih. Lalu, membandingkannya dengan 386 sukarelawan yang tidak memiliki tumor di dalam tubuhnya.

Hasil penelitian menunjukkan, konsumsi keju tak banyak berpengaruh kecuali jika jumlah konsumsinya melebihi 53 gram sehari. Konsumsi keju lebih dari 53 gram sehari atau sama dengan sebatang cokelat kecil, meningkatkan risiko kanker kandung kemih sebesar 50 persen. Sementara makanan lain seperti ikan, ayam, telur dan margarin, memiliki sedikit efek.

Namun, sejumlah peneliti di Belanda dan Belgia menekankan, jumlah orang dalam penelitian ini mungkin terlalu kecil, untuk menyimpulkan bahwa keju merupakan ancaman kesehatan utama. Mereka menyerukan penyelidikan lebih lanjut untuk memverifikasi temuan tersebut.

So, are you still in love with cheese?

(berbagai sumber)

SHARE