Hati-hati dengan Pembersih Lantai Rumah

0
35

.Terkadang membersihkan lantai bisa menjadi pekerjaan yang paling merepotkan saat noda yang diharapkan hilang tak kunjung pergi. Sayangnya, banyak produk pembersih lantai yang biasa kita gunakan ternyata berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan.

Jika Anda menggunakan produk pembersih lantai biasa, coba pikirkan apakah Anda ingin seluruh lantai rumah dilapisi oleh bahan kimia beracun. Kemudian, pertimbangkan juga hasil studi yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency di Amerika Serikat, yang menunjukkan tingkat pencemaran di dalam ruangan ternyata  hampir 50 kali lebih tinggi daripada di luar ruangan akibat pemakaian pembersih lantai yang terkesan aman.

Beberapa produk pembersih lantai bahkan disinyalir sebagai penyebab keluhan yang di derita para konsumen seperti, iritasi mata, pusing, sulit berkonsentrasi, kelelahan, batuk, serangan asma, infeksi pernafasan, dan hypersensitivity pneumonitis (peradangan pada paru-paru).

Pembersih lantai yang membuat lantai cemerlang juga dapat berisiko menebarkan gas beracun berbahan dasar polimer. Lebih parah lagi, sebagian besar pewangi yang terkandung di dalam cairan pembersih lantai pada umumnya adalah polutan atau baru bereaksi menjadi polutan (seperti formaldehid) setelah tercampur dengan ozon. Sebaiknya pilih cairan pembersih lantai yang aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Kunci untuk meringankan pekerjaan membersihkan lantai adalah dengan menjaga kebersihannya secara teratur. Kotoran dapat mengeras di permukaan lantai dan membuat lantai lebih sulit untuk membersihkan.

Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda tak perlu membersihkan lantai terlalu sering:

– Letakkan keset di pintu masuk.
– Minta para anggota keluarga atau tamu untuk meletakkan sepatu di luar pintu masuk.
– Atur jadwal  membersihkan lantai setiap minggu dengan teratur.

(berbagai sumber)

SHARE