Lelah? Coba Rasakan Sensasi Jus Bit

0
25

.Orang yang mengalami kecapekan, kurang tidur atau penurunan stamina biasanya karena oksigen di dalam tubuh ikut berkurang. Untuk mengembalikan cadangan oksigen yang hilang, jangan terburu-buru mengkonsumsi suplemen yang belum jelas kandungannya. Anda bisa mencoba mengembalikan stamina dengan mengkonsumsi jus bit secara teratur.

Buah bit merah atau dikenal dengan akar bit merupakan salah satu varietas Beta vulgaris. Tanaman ini berupa akar mirip umbi-umbian yang berwarna merah dan paling sering ditemui di Amerika Utara serta Inggris. Tetapi, tanaman ini sudah banyak juga dijual di negara kita, terutama supermarket-supermarket.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of Exeter’s School of Sport and Health Sciences menunjukkan, segelas jus bit bisa membantu meningkatkan kembali stamina sebesar 16 persen.

Menurut peneliti, kandungan nitrat dalam jus bit membantu tubuh mengembalikan cadangan oksigen. Kekurangan oksigen inilah yang membuat tubuh merasa lelah dan tak bertenaga.

“Kami kagum dengan efek dari jus bit pada penyerapan oksigen, karena efek ini tidak dapat dicapai dengan cara lainnya, termasuk latihan,” jelas Prof Andy Jones, pemimpin studi dari University of Exeter’s School of Sport dan Ilmu Kesehatan, seperti dilansir Telegraph.

Menurut Prof Jones, atlet profesional dan pekerja yang membutuhkan tenaga ekstra akan tertarik dengan hasil penelitian ini. “Saya juga tertarik untuk mengeksplorasi relevansi temuan kepada orang-orang yang menderita kekurangan energi dan mungkin dapat menggunakan jus bit untuk membantu mereka menjalani kehidupan sehari-hari,” lanjut Prof Jones.

Tim peneliti percaya bahwa nitrat dalam jus bit bisa berubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, sehingga mengurangi ‘biaya oksigen’ yang berhubungan dengan olahraga.
Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada Journal of Applied Physiology. Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School menemukan bahwa jus bit juga dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan hanya dalam beberapa jam saja.

(berbagai sumber)

SHARE