Melaju di Sungai Serayu

0
52

.Sungai Serayu, sungai indah di Jawa Tengah yang berhulu di Kabupaten Wonosobo dan bermuara di Cilacap. Setidaknya ada enam daerah kabupaten yang dilewati aliran sungai ini, antara lain Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap. Sungai yang panjang, berkelok-kelok, dan dipagari alam pemandangan yang indah telah menjadikan Sungai Serayu sebagai salah satu ikon budaya melalui sebuah lagu keroncong berjudul Di Tepinya Sungai Serayu.

Wisata menantang arung jeram juga dapat Anda nikmati di Sungai Serayu, terutama yang melintasi Kabupaten Wonosobo-Banjarnegara. Dengan kesejukan dan panorama indah lereng Gunung Sindoro-Sumbing serta alam pedesaan yang permai, Anda dapat mengarungi jeram sepanjang 25 km, selama 4 hingga 5 jam petualangan. Beberapa titik yang bisa Anda gunakan sebagai awalan antara lain di jembatan desa Blimbing, desa Tunggoro -kawasan Kabupaten Wonosobo-, serta desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara dengan finish di desa Singomerto, Kabupaten Banjarnegara.

Jeram Sungai Serayu yang menantang juga telah sukses menjadi lokasi Australasian Rafting Championship yang diikuti oleh Iran, Turki, Kazakhstan, Malaysia, Slovakia, dan tentu saja tuan rumah Indonesia. Bila Anda ingin menguji nyali di jeram Sungai Serayu, Anda dapat menikmati paket wisata arung jeram dengan biaya mulai Rp200 ribu, sudah termasuk perlengkapan komplit yang meliputi perahu karet, jaket pelampung, asuransi, jasa guide, serta konsumsi. Lokasinya yang berdekatan dengan jalan raya Tunggoro – Singomerto yang menghubungkan Wonosobo dan Banjarnegara, membuat kawasan wisata arung jeram Sungai Serayu sangat sempurna untuk mengisi salah satu jadwal liburan Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE