Pelari Wajib Mengenal Kenikmatan Ini!

0
45

.Bagi para pelari, makanan dibutuhkan tidak hanya untuk mengisi perut semata. Tetapi juga sebagai bahan bakar otot dan menjaga agar tetap sehat. Selain itu makanan penting bagi para pelari untuk memperbaiki otot-otot setiap kali usai latihan. Namun, para pelari tidak boleh mengkonsumsi sembarangan makanan. Bagi Anda yang ingin menjadi pelari, bisa mencontek makanan wajib yang harus dikonsumsi:

Kacang Almond
Kecil tapi berkhasiat besar. Selain kandungan antioksidan vitamin E yang tinggi, kacang lezat ini juga mampu mencegah terjadinya nyeri pada otot. Protein dan serat dari kacang almond akan membuat perut kita tidak akan keroncongan saat berlari. Plus, camilan super ini sangat portabel atau mudah dibawa kemana-mana. Cukup mengambil segenggam penuh kacang almond setiap pagi, lima kali seminggu.

Jeruk
Karena berlari bisa membuat otot “terluka”, maka kita memerlukan vitamin C yang banyak sebagai nutrisi penyembuh, dimana jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C juga bisa membantu menyerap zat besi lebih cepat dan banyak. Zat besi sangat dibutuhkan untuk mencegah tubuh kita keletihan akibat berkurangnya cadangan energi. Coba biasakan untuk mengonsumsi satu buah jeruk atau meminum 200 ml jus jeruk setiap hari.

Ubi Jalar
Berkeringat adalah hal yang sudah tidak dapat ditawar lagi ketika kita melakukan olahraga lari. Untuk menggantikan keringat yang banyak keluar, kita membutuhkan asupan penyedia energi seperti ubi jalar yang memiliki kandungan karbohidrat dan beta karoten yang tinggi.

Ditambah lagi, kandungan mineral seperti potasium dan magnesium mampu menggantikan cairan tubuh kita yang sudah keluar. Ubi jalar dengan ukuran sedang hanya mengandung 100 kalori. Biasakan untuk mengonsumsi ubi jalar satu buah, 2-3 kali seminggu.

Tuna
Sebagai pelari, kita membutuhkan 60-90 gram protein setiap hari, untuk membantu mengembalikan kondisi setelah usai berolahraga. Dan ikan tuna adalah pilihan yang tepat. Cukup hanya 400 gram ikan tuna kita bisa mendapatkan hampir setengah dari kebutuhan protein harian. Tidak hanya itu, ikan tuna juga mengandung asam lemak Omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

Roti tawar dengan selai kacang
Tips untuk yang suka berlari di pagi hari. Akan menjadi sangat sulit, jika kita diminta berlari dengan kondisi perut yang kosong. Karena makan malam adalah jam terakhir kita mengunyah makanan, dan biasanya persediaan energi sudah sangat menurun.

Dengan mengonsumsi camilan yang mengandung 100-300 kalori sebelum melangkah kaki, bisa memberikan enegi dan kekuatan untuk tetap bertahan. Makanan ini merupakan ?bensin? yang memiliki karbohidrat, protein, plus mudah dicerna.

(berbagai sumber)

SHARE