10 Langkah Hebat Menuju Kulit Sehat Bebas Jerawat

0
40

.Jerawat adalah hal kecil yang dapat membuat masalah besar. Anda seringkali terlalu panik sehingga mengabaikan yang seharusnya anda lakukan untuk menangani kuli anda. Apa yang pertama anda pikirkan? Dokter kulit dan menghindari makanan-makanan berlemak? Kadang bahan-bahan alami bahkan bisa lebih efektif dari obat-obatan, atau tubuh anda seseungguhnya membutuhkan gizi seimbang dan membutuhkan rehat dari stres berat yang menyita waktu. Berikut ini adalah beberapa hal mudah yang dapat anda upayakan untuk mengurangi jerawat dan mendapatkan kulit wajah yang lebih indah dalam 4 minggu saja.

1. Gunakan masker madu atau masker tomat dua kali seminggu. Madu dan tomat memiliki sifat antibakteri yang berperan baik sebagai desinfektan dan penyembuhan noda kecil. Kedua bahan alami ini juga lembut untuk kulit sensitif.

2. Bersihkan wajah ada dengan facial foam anti jerawat, saat mandi pagi dan sebelum tidur. Jangan gunakan facial scrub karena dapat mengikis kelembaban alami kulit, membuat jerawat semakin iritasi dan perih. Jangan mencuci muka terlalu sering, karena akan memicu kulit anda untuk memproduksi sebum yang menyebabkan jerawat.

3. Jauhkan rambut dari wajah anda. Jika anda memiliki rambut panjang atau poni, buat gaya cepol yang santai, kenakan hairpin atau headband agar terhindar dari rambut yang berminyak atau kotor.

4. Konsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin C dan E yang cukup. Jerawat bisa timbul karena ada sesuatu yang salah dari dalam tubuh anda. Jika tubuh anda memiliki nutrisi yang tepat, otomatis kuli anda juga memiliki pertahanan yang kuat.

5. Jika anda sedang berdiet, minumlah chromium suplement sehari sekali. Selain baik untuk diet, chromium juga mampu mengurangi jerawat yang meradang dan menghindari bercak-bercak pada kulit setelah jerawat hilang.

6. Masukan wortel ke dalam menu sehari-hari. Beta karoten yang terkandung dalam vitamin A akan memperkuat jaringan pelindung kulit dan benar-benar berfungsi untuk mencegah jearwat. Kandungan yang ada di dalam wortel sangat penting untuk membuat kulit tampak segar, antioksidannya juga melindungi kulit anda dari racun tubuh.

7. Hindari memakai makeup untuk sementara. Menggunakan makeup apalagi yang kaya bahan kimia, hanya akan membuat keadaan jerawat bertambah parah. Jangan pernah merasa tak percaya diri tanpa makeup, akinkan diri anda bahwa kecantikan akan muncul dengan sendirinya jika anda sehat dan bahagia.

8. Jangan sembarangan memencet jerawat atau komedo. Tindakan ini sesungguhnya tak dapat menyembuhkan dan malah menyebabkan sebum keluar lebih banyak. Selaput dibawah kulit anda juga pecah sehingga dapat menyebabkan infeksi.

9. Jangan biarkan tangan anda, atau tangan siapapun menyentuh wajah anda terlalu sering. Jika ingin membubuhkan moisturizer pastikan tangan anda sudah higienis, begitu pula saat menyeka keringat atau minyak wajah. Pastikan tisu dan face paper selalu ada di dalam tas anda.

10. Makan-makanan yang mengandung zinc. Zic adalah agen antibakteri dan elemen yang dikandungnya sangat diperlukan oleh kelenjar minyak kulit. Sebuah diet yang rendah nutrisi dan program penurunan berat badan yang salah juga dapat memicu jerawat. Jadi, perhatikan pola makan anda dengan baik dan seimbang.

(Berbagai sumber)

SHARE