Ayo Cek Warna Lidah Anda

0
52

.Pernahkah memperhatikan warna dan bentuk lidah Anda? Ternyata, selain sebagai indera pengecap, lidah juga bisa memberikan sinyal ketika tubuh mengalami gangguan kesehatan. Warna dan bentuk yang tidak normal tersebut bisa menunjukkan kondisi kesehatan. Ahli akupuntur, Dr Vanda Huang mengungkapkan arti dari gejala tidak normal yang dideteksi lewat lidah.

Pada dasarnya warna lidah normal adalah pink. Bila lidah berubah warna seperti dibawah ini kemungkinan menderita beberapa penyakit. Jadi jjika Anda sedang berada di depan cermin, jangan lupa sesekali untuk mengecek apakah lidah Anda sehat atau tidak.

1. Putih.

Orang yang lidahnya berwarna putih biasanya terlihat pada penderita sakit tifus, pencernaan terganggu, gejala influenza, atau kurang darah. Jika lidah putih dan tipis, Anda sedang kekurangan darah. Namun, jika warna lidah pucat dan lembab seperti lapisan lemak berarti Anda mengalami kedinginan dan gejala influenza. Sedangkan lidah putih tebal, adalah salah satu gejala penyakit kelamin.

2. Merah

Lidah berwarna sedikit merah, atau merah cerah menunjukkan Anda menderita panas.  Bila warna merah sedikit kekuningan, Anda mengalami demam tinggi. Tetapi, jika hanya bagian sisi yang merah atau lidah dipenuhi dengan titik-titik merah, sebaiknya segera periksakan liver Anda. Ketika lidah Anda berwarna merah dan terasa sangat kering, itu merupakan tanda-tanda dehidrasi. Adanya luka di bagian perut bisa dideteksi dengan lidah berwarna ungu kemerahan.

3. ungu

Kondisi ini bisa menandakan peredaran darah yang tidak lancar. Penyebabnya antara lain bisa karena stres kronis, atau sedang mengalami nyeri tubuh kronis.

4. kuning

Menandakan panas tubuh yang berlebihan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, makanan pedas, mengalami stres emosional dalam jangka panjang, atau akibat merokok.

Rongga mulut memang merupakan pintu gerbang tubuh kita terhadap dunia luar. Selain itu juga merupakan cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan lidah dari penyakit yakni dengan melakukan pembersihan secara teratur.

(berbagai sumber)

SHARE