Deteksi Dini Kerusakan Power Steering

0
69

.JAKARTA – Sistem power steering saat ini ibarat piranti wajib bagi sebuah mobil. Power steering digunakan agar pengendalian sebuah mobil lebih mudah.

Tapi ada banyak pemilik dan pengendara mobil yang seakan tidak peduli dengan kondisi power steering kendaraannya. Bagian ini cenderung kurang perhatian dan baru merasakan masalah saat power steering telah mengalami kerusakan yang fatal.

Padahal kerusakan dini perangkat power steering ternyata bisa dideteksi lewat cairan power steering. Power steering fluida ini merupakan cairan hidrolik yang mentransmisikan listrik di power steering. Meski terlihat sepele, sebenarnya bagian ini punya peranan vital pada keseluruhan mekanisme power steering.

Satu hal yang patut Anda waspadai berkaitan dengan cairan power steering, jika melihat atau menemui kebocoran pada sistem kemudi mobil Anda, sebaiknya periksa bagian cairan power steering.

Kemungkinan ada seal yang telah rusak atau pecah akibat cairan power steering tidak diganti secara berkala saat mobil Anda melakukan perawatan di bengkel.

Menguras carian yang sudah lama ada di sistem power steering mobil Anda dengan mengganti cairan yang baru merupakan salah satu cara merawat bagian tersebeut.

Walau cairan ini dipasaran dijual dengan harga yang murah, tapi minyak power steering bisa membantu usia pemakaian bagian power steering lainnya. Jika cairan tersebut tidak diganti maka seal, o-ring, dan bagian-bagian komponen di dalam power steering itu bisa aus. Jika sampai pecah maka memaksa keseluruah sistem power steering bekerja lebih keras yang akibatnya merusak power steering itu sendiri.

Kalau sudah seperti ini tak ada jalan lain bagi Anda untuk mengganti keseluruhan komponen power steering yang harganya jutaan rupiah. Jika power steering rusak ditengah jalan, tentu juga bukan perkara mudah bagi Anda untuk mengendalikan kendaraan Anda apalagi jika harus melakukan parkir paralel.

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?!

(berbagai sumber)

SHARE