Atasi Puting Lecet Akibat Menyusui

0
86

.Puting lecet dan terluka akibat menyusui memang sudah sering Anda alami. Perih sekali rasanya dan ini mengganggu aktifitas Anda dan si kecil saat menyusui. Apa yang harus Anda lakukan?

Saat Menyusui

Untuk sementara, susui anak pada bagian yang belum terluka atau tidak terlalu lecet terlebih dahulu. Bayi cenderung akan menyusu dengan lebih lembut pada sisi lain payudara yang Anda tawarkan padanya. Berikan es di sekitar daerah tersebut untuk membuatnya mati rasa. Jangan ragu untuk mencoba berbagai macam posisi untuk mendapatkan posisi terbaik dan ternyaman saat menyusui.

Setelah Menyusui

Basuh puting dengan air garam. Air tersebut memiliki kadar konsentrasi dengan garam pada umumnya, seperti juga pada air mata. Ini tidak akan sakit. Cara membuat air ini adalah dengan mencampur 1/2 sendok teh garam dengan 8 oz air hangat ke dalam sebuah cangkir. Gunakan air garam baru dan segar setiap hari untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Setelah menyusui, rendam puting menggunakan air garam ke dalam sebuah mangkuk selama kurang lebih semenit, hingga garam berada di seluruh daerah puting. Jangan merendam terlalu lama (lebih dari 5-10 menit) agar kulit tidak dehidrasi. Kulit kering akan menyebabkan pecah-pecah dan justru menghambat proses penyembuhan. Letakkan air tersebut ke dalam sebuah botol yang cara penggunaannya adalah ditekan. Semprotkan air garam dari dalam botol ke puting secara bergantian. Semprotkan dengan lembut dan dalam jumlah banyak hingga menutupi seluruh kulit yang luka dan lecet. Setelah selesai, tepuk-tepuk puting Anda dengan lembut menggunakan tisu. Basuh dan rendam kembali puting ke dalam semangkuk air tawar untuk membersihkan sisa-sisa air garam yang menempel. Tepuk-tepuk lagi dengan tisu kering. Pembasuhan dengan air garam ini bisa dilengkapi dengan pemberian salep lanolin atau vaseline untuk menjaga kelembaban kulit. Bila diperlukan, usapkan pula salep antibiotik.

Antara Masa Menyusui

Usahakan agar puting mendapat udara yang cukup. Gunakan bantalan sekali pakai pada saat mengenakan bra. Ganti bantalan tersebut bila sudah lembab. Bila perlu, gunakan pelindung payudara (breast shells) untuk menghindari kelembaban dan gesekan puting pada bra. Luka bekas gigitan si kecil saat menyusui dapat diatasi dengan mengompresnya menggunakan es batu yang dibungkus selembar kain. Kompres selama 20 menit, kemudian hentikan pengompresan selama 20 menit ke depan dan lakukan lagi berulang kali dengan pola seperti itu. Sehari sekali, gunakan sabun yang tidak mengandung parfum dan non-bacterial untuk membersihkan daerah yang luka. Basuhlah dengan bersih di bawah air yang sedang mengalir (di bawah shower). Penggunaan sabun ini hanya boleh dilakukan bila kulit sobek atau mengalami luka lain.

Merawat puting dengan benar sama dengan merawat si kecil dengan baik, agar menyusui tetap menjadi kegiatan menyenangkan baginya.

(Berbagai sumber)

SHARE