Bossaball Paduan Berbagai Olahraga

0
182

.Bossaball adalah olahraga yang merupakan perpaduan antara voli, sepakbola, senam dan capoeira.

Berawal dari Filip Eyckmans, seorang warga negara Belgia yang tinggal di Spanyol lebih dari 10 tahun. Ketika ia menjadi manajer untuk band dEUS di Brazil, ia terkesima dengan fenomena Afro-Brazilian Capoeira di sudut kota Recife. Kemudian di pantai Brasil, ia menyadari adanya keharmonisan ketika, sepakbola, voli, tari, dan musik bermain bersama dalam satu pantai.

Lali di akhir 1990-an, ketika voli pantai sedang booming dan permainan trampoline ada di setiap mall. Eyckmans mulai memadukan antara musik dan olahraga. Ia mulai mencari cara untuk teknik olah tubuh yang baru: olahraga dengan banyak rally dan tidak sekadar serves dan blocks; konsep yang memadukan flexibility, kegesitan dan koordinasi.

Konsep ini mulai dikembangkan antara tahun 2003-2005. Sekarang ini, beberapa klub olahraga bossaball telah menyebar di belahan dunia. Diantaranya: Brasil, Jerman, Belanda, Spanyol, Portugal, Rumania, Singapura, Kuwait, Ekuador dan Arab Saudi

Bagaimana cara bermainnya:

1. Dapat dimainkan dengan masing-masing tim 3,4 atau 5 pemain.
2. Tinggi net dapat disesuaikan dengan tingkatan. Seperti, profesional, pria, wanita atau anak-anak.
3. Nilai didapat jika bola menyentuh lapangan lawan.
4. Setiap tim hanya boleh melakukan 6 kali sentuhan bola, sementara pemain yang di trampoline bersiap untuk melakukan smash.
5. Semua anggota tubuh bisa digunakan untuk mengontrol bola.
6. Pemain hanya boleh mengontrol bola dengan tangan satu kali dan dua kali bila menggunakan kaki atau kepala.
 
Perhitungan nilainya yaitu:
1. Jika bola jatuh di karpet angin diberi nilai satu dan jika bola jatuh di area trampolin diberi nilai tiga.
2. Jika bola menyentuh bossawall (tembok kecil atau cincin, yang mengililingi trampolin) tidak dihitung nilai, maka pertandingan dilanjutkan saja.

Keterangan tambahan: Pemain yang di trampoline adalah penjaga gawang. Jika pemain ini menyelamatkan bola dari menambah poin dan melakukan passing ke temannya, maka pemain di trampoline juga menjadi penyerang ke daerah lawan.

Tertarik?

(Berbagai sumber)

SHARE