Iron Maiden, Final Frontier World Tour

0
56

.Malam Jumat di pantai Karnaval Ancol kemarin menjadi malam yang keramat. Terutama bagi para Trooper yang datang dan menjadi bagian dari sejarah akan hadirnya band heavy-metal legendaris asal Inggris, Iron Maiden. Tapi rangkaian Final Frontier World Tour kemarin bukan hanya konser untuk para metal-head. Ini konser untuk semua pecinta musik. Banyak keluarga yang juga datang ke acara ini, ibu-ibu, anak kecil, turis asing dan tentunya para Troopers yang telah menunggu sekian lama untuk menyaksikan ‘dewa’ mereka bermain di atas panggung.

Konser yang dipromotori oleh Original Production ini dimulai dari jam delapan malam. Dibuka oleh penampilan dari Rise To Remain, salah satu band metal-core pendatang baru terbaik dari Inggris. Salah satu personil band ini, Austin Dickinson, merupakan anak kandung dari vokalis Iron Maiden, Bruce Dickinson. Lima lagu dibawakan secara total oleh Rise To Remain dan kemungkinan besar band ini akan tampil lagi di Jakarta dalam kesempatan berikutnya, they are the next big thing.

Jam 21.15 dimulailah konser bersejarah. “Scream for me Jakartaaaa…”, teriak Bruce Dickinson, Iron Maiden is on the stage dan ribuan tangan membentuk devil horn yang mengacung di udara, pesta pun dimulai. Panggung yang tadi terlihat sepi saat Rise To Remain bermain, sekarang penuh dengan set panggung seperti berada di barak perang. Semua personil berada di bawah sementara Bruce berlari-lari diatas barak tersebut, menyapa semua Troopers yang hadir malam itu. Total 13 lagu plus 3 encore dibawakan oleh Iron Maiden malam itu.

Pada lagu ketujuh yang berjdul The Trooper, Bruce naik ke atas barak dan mengenakan seragam Trooper berwarna merah dan menggenggam tongkat berbendera Inggris Raya. Diatas panggung Bruce juga menyinggung soal perbedaan agama yang dianut oleh semua yang datang malam itu, bukanlah menjadi suatu masalah. Musik menyatukan semua. Setelah itu dilanjutkan berturut-turut lagu lagu seperti The Wicker Man, Blood Brothers, When The Wild Wind Blows, The Evil That Man Do, Fear Of The Dark dan dilagu Iron Maiden terakhir sebelum Encore, muncul sosok bertinggi sekitar 4 meter. Sosok beast tersebut adalah ikon Final Frontier World Tour kali ini yang ikut muncul diatas panggung sebagai gimmick dan bahkan ikut bermain gitar, monstrous!

The Number Of The Beast menjadi lagu pertama yang dibawakan setelah encore “we want more…” berkumandang. Dilanjutkan lagu Hallowed By The Name dan Running Free sebagai penutup. Tidak ada kembang api atau jilatan api yang keluar dari panggung untuk mengakhiri konser malam tadi. Walaupun begitu, Iron Maiden berjanji untuk datang kembali di lain waktu. Anda siap untuk naik haji lagi?

(Ghiboo)

SHARE