Jaga Mata Dengan Si Hijau

0
25

.Pengelihatan mulai kabur? Kesulitan melihat detail-detail yang ada di depan kita? Atau bahkan melihat garis lurus nampak bergelombang? Jangan biarkan pertambahan usia merampas organ pengelihatan kita. Cegah degenarasi makula sedini mungkin dengan memperbanyak asupan dan mengkonsumsi “si hijau”.

Degenerasi makula adalah sebuah kondisi dimana makula (bagian vital pada retina yang memungkinkan kita melihat detail-detail halus) mengalami kemunduran, sehingga berakibat pada penurunan ketajaman pengelihatan.

Penelitian terbaru mengenai kesehatan mata menemukan, angka penderita age-related macular degeneration (AMD) atau degenerasi makula mengalami pelonjakan besar dalam kurun waktu 8 tahun, dari 5 menjadi 27% pada orang di atas umur 65 tahun.

Apa pemicunya? Paparan sinar biru dari matahari penyebabnya. Sinar ini mampu menembus hingga bagian belakang bola mata kita, dan menyebabkan kerusakan makula hingga lensa pengatur fokus cahaya.

Oleh sebab itu, para ahli kesehatan mata berpendapat, senyawa karotenoid dalam sayuran hijau mampu berkonsentrasi dalam menjaga makula, dengan menyerap sinar-sinar yang merusak tersebut.

Sebuah penelitian juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi sayuran kaya karotenoid, dilaporkan memiliki risiko terkena AMD lebih kecil hingga 43% dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan jenis ini.

Dapatkan asupan karotenoid terbaik pada bayam segar. Sebanyak 30 gram bayam segar mengandung 1.688 mikrogram beta-karoten. Selain itu dapatkan sumber karotenoid lain pada kubis, brokoli, dan kembang kol.

(berbagai sumber)

SHARE