Rumah Mengapung di Udara

0
25

.Seorang arsitek dari Boston, Schwartz mendesain dan membangun sebuah rumah modern yang terbuat dari kaca, baja, dan beton di daerah Berkshires. Rumah ini diperuntukkan bagi istri (Sheila) dan dirinya sendiri.

Ketiga kamar tidur di dalamnya berada pada ketinggan lebih dari 30 kaki. Dengan ketinggian itu, orang dapat melihat pemandangan melewati bukit-bukit berhutan. Tak hanya itu, semuanya memiliki teras beratap dan di sanalah pasangan Schwartz mengagumi langit malam di musim panas. Bangunan ini merupakan bangunan berbentuk persegi panjang yang ‘tipis’ dan memiliki volume sebesae 17×90 kaki dari kaca dan baja.

Sekilas Anda akan melihat rumah ini bagai meluncur ke bawah menuruni bukit di Berkshires, namun sebenarnya rumah ini sangat kokoh menopang setinggi 45 kaki. Sebuah ruangan utama mengapung setinggi 14 kaki dari tanah dan berdinding kaca di ketiga sisinya. Pemandangan pedesaan sudah tentu menemani. Uniknya, lantai yang berisi beton akan bergetar tiap kali anjing pudel mereka sedang asyik bergelut dan bermain dengan sebuah bola.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana sebagian rumah ini mengapung di udara. Rahasianya tak lain adalah adanya ruangan yang menopang keseimbangan yang didapat dari ruang bawah tanah tersembunyi. Ruang bawah tanah tersebut dibuat tak terlihat di sisi bukit. Desainnya yang berlebihan sengaja diciptakan agar dapat menahan berat 60 orang di dalamnya dan ratusan kilogram beban di teras beratap yang terdapat di sana.

Setelah memasuki lorong yang sangat panjang, para tamu akan melewati tiga kamar tidur berteras tersebut, dan akhirnya mencapai ruangan utama. Ruangan ini dikelilingi oleh balok baja penyangga yang dicat putih dan diletakkan malang melintang di dinding dengan berbagai sudut. Dinding berkaca buram membatasi kamar tidur setinggi 12×11 kaki dengan lorong. Kaca buram ini menambah unsur manis dan cantik, karena menimbulkan kesan bersih, namun tetap tidak tembus pandang.

Rumah ini terang dan mendapat cukup cahaya. Dekorasinya memadukan gaya high-low, modern dan minimalis. Pemilihan warna didominasi oleh abu-abu, hitam, putih, dan perak. Mengagumkan!

(Berbagai sumber)

SHARE