Menjadi Penulis Pemula

0
30

.Anda tertarik untuk menjadi penulis dan mulai menyusun strategi “perang” untuk mengolah kata menjadi kalimat yang menarik untuk dibaca? Simak beberapa tips ringan berikut ini, semoga bisa membantu Anda menjadi penulis handal.
1. Perbanyaklah latihan untuk membiasakan diri menulis. Paksalah otak Anda untuk memulai menulis walau hanya satu kalimat. Jadikanlah menulis menjadi kebiasaan Anda sehari-hari walaupun hanya menulis dalam waktu yang cukup singkat. Karena bila sudah terbiasa akan memudahkan untuk memancing otak Anda mengeluarkan gagasan untuk tulisan yang akan dibuat. Lengkapi juga dengan banyak membaca. Tidak perlu membaca yang berat seperti kamus atau pun novel, karena kadang tulisan yang ada di sekitar kita bisa menjadi ide.
2. Jika mengalami kebuntuan ide bawalah laptop atau buku kemana saja dan mulailah menulis apa yang menarik perhatian Anda. Pasang telinga untuk mendapatkan ide percakapan dari pembicaraan yang Anda dengar dimanapun berada, untuk memperkaya perbendaharaan kata yang mungkin belum pernah Anda dengar. Toilet juga bisa menjadi sumber mencari ide. Banyak yang menemukan ide ketika sedang “santai” di toilet. Tapi lakukanlah di toilet rumah, karena bila dilakukan di toilet umum Anda akan dikutuk oleh orang banyak.
3. Menulislah di waktu Anda merasa paling kreatif. Banyak penulis yang menjadikan menulis sebagai aktivitas pertama di pagi hari, sebelum perhatiannya disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Penulis lain merasa lebih kreatif ketika di malam hari dengan suasana yang sunyi. Mana yang menurut Anda paling sesuai? Silakan pilih salah satu atau tentukan sendiri sesuai dengan kemauan Anda.
4. Jangan merasa terbebani mendapatkan hasil yang sempurna. Semua penulis merevisi dan mengedit tulisan mereka, karena jarang sekali kalimat yang baik diperoleh ketika ditulis untuk pertama kalinya. Ketika menyelesaikan draft awal tulisan, coba untuk dibiarkan beberapa hari. Setelah itu revisilah tulisan Anda. Bila perlu mintalah pendapat kepada orang terdekat maupun mereka yang ahli di bidang penulisan untuk memberi masukan.
5. HAVE FUN! Tidak perlu berpikir bahwa Anda akan menghasilkan sebuah karya yang akan disukai oleh orang banyak. Berpikir cerita yang Anda buat akan sangat rumit dengan jumlah halaman yang sangat banyak. Serta segala macam pemikiran yang akan membebani Anda ketika menulis. Santai saja ketika mulai menulis. Mulailah dengan tulisan yang singkat semampu Anda. Ingatlah pepatah, sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit.

Jadi, mulailah menulis sekarang, seperti yang dikatakan oleh penulis Will Shetterly,“It is better to write a bad first draft than to write no first draft at all.”

(berbagai sumber)

SHARE