Beras Putih Kini Tak Kalah Dengan Beras Merah

0
54

.Anda pasti sering mendengar cerita bahwa beras merah lebih sehat dan bermanfaat dari pada beras putih. Kolesterol yang dikandung beras putih lebih banyak. Sedangkan beras merah lebih banyak mengandung serat karena lapisannya yang tidak diproses kembali seperti beras putih. Ada yang berpendapat bahwa lapisan itulah yang sedikit sulit dikunyah sehingga langsung masuk ke perut, dan justru memperlancar pencernaan.

Kini, Jepang berhasil menciptakan beras putih yang mudah dikunyah dengan manfaat beras merah yang rendah kolesterol dan kaya serat.

Beras merah dan putih sebenarnya berasal dari padi yang sama, perbedaannya hanya pada beras putih yang mengalami proses tingkat tinggi dengan mengurangi lapisan. Namanya lapisan subaleurone yang sebenarnya membawa manfaat untuk jantung, tapi justru diproses itulah lapisan tersebut diangkat.

Nah, beras putih ‘sehat’ ini masih mengandung lapisan subaleurone tersebut dan dijual dengan nama Kinme Mai di Jepang.

Seorang ilmuwan, Satoru Eguchi dari University School of Medicine di Philadelphia, AS mengetes lapisan subaleurone ini di laboratorium dan hasilnya ternyata memang bagus untuk jantung. Penelitiannya fokus pada hormon yang disebut angiotensin II yang meningkatkan tekanan darah melalui arteri. Hormon tersebut juga mengeraskan arteri dengan membuat sel darah bertumbuh. Hasil penelitian menemukan bahwa lapisan subaleurone tersebut memblokir efek jelek angiotensin II pada peredaran
darah. Lapisan subaleurone juga bisa menciptakan obat baru untuk melawan tekanan
darah tinggi dan penyakit jantung

Beras putih Kinme Mai berwarna emas dan saat ini hanya tersedia di Jepang, tapi produk yang sama dengan merk Haiga Mai dijual melalui internet jika Anda ingin mencobanya.


(Berbagai sumber)

SHARE