Hati-hati Keracunan Kafein

0
42

.Anda pasti sering mengkonsumsi kafein setiap hari. Dan tanpa disadari kadar kafein yang berlebihan dalam tubuh bisa membuat keracunan. Keracunan kafein ditandai dengan munculnya rasa panik secara tiba-tiba dan khawatir yang berlebihan, jantung berdebar-debar, otot kejang, gangguan tidur bahkan halusinasi.

Hal itu bisa terjadi jika Anda mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari. Kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, banyak minuman lain yang juga mengandung kafein tinggi. Antara lain minuman soda kalengan, minuman berenergi hingga coklat batangan.

Untuk secangkir kopi rata-rata mengandung 75-100 mg kafein. Sedangkan pada minuman soda kalengan mengandung sekitar 35 mg kafein, minuman energi 80 mg kafein dan coklat batangan 10 mg kafein.

Jadi, perhatikan minuman yang selalu Anda konsumsi apakah mengandung kafein tinggi atau tidak. Untuk wanita hamil dan anak-anak akan lebih baik untuk menghindari kafein atau jika mengonsumsi maksimal 100 mg per hari.

Seperti yang kita tahu, kafein bisa memicu kecanduan. Akibatnya, konsumsi berlbihan atau karena kondisi tubuh yang sensitif dengan kafein dapat memicu keracunan.

Jika Anda mengalami gejala sakit kepala, otot tegang, tidak bisa tidur serta rasa panik setelah minum kafein berarti Anda keracunan. Gejala tersebut bisa terjadi 12-24 jam, setelah mengonsumsi kafein, bahkan bisa berlanjut hingga 48 jam. Untuk mengatasinya kurangi konsumsi kafein dan akan lebih baik kalau Anda menghentikan konsumsi untuk sementara waktu.

(berbagai sumber)

SHARE