NBL Siapkan Beragam Penghargaan

0
34

.Sehari sebelum perhelatan Championship Series digelar, yaitu 7 Maret, NBL akan mengumumkan para pemenang award untuk pemain dan tim.

Commissioner NBL, Azrul Ananda mengungkapkan,”Total ada 11 penghargaan yang akan kami berikan berdasarkan pencapaian pemain dan pelatih, plus akan ada penghargaan ekstra Best Management untuk tim. Penghargaan ini penting diberikan karena pencapaian mereka banyak men-support kemajuan liga. Semoga ini bisa menjadi motivator bagi segala pihak untuk menunjukkan performa terbaiknya di musim-musim NBL berikutnya”.

Penilaian dilakukan berdasarkan penampilan sepanjang regular season. Termasuk, award yang paling dinantikan, Most Valuable Player alias MVP, yang menyediakan hadiah sebuah mobil All-New Chevrolet Spark [Seperti yang ditunjukkan gambar: Mukiat Sutikno (managing Director PT. General Motors Autoworld Indonesia) & Azrul Ananda (Commissioner NBL Indonesia)]

Berikut daftar penghargaan yang akan diberikan:

Most Valuable Player (MVP)

Penghargaan individual tertinggi ini diberikan kepada seorang pemain yang performanya dianggap paling berharga sepanjang saat musim reguler. Pemain dipilih berdasarkan Index Point of Success (idx) tiap pemain dan vote dari para pelatih NBL Indonesia yang dilakukan di akhir setiap pertandingan terhadap pemain dari tim lawan.

Rookie of the Year
Pemilihan Rookie of the Year menggunakan formula yang sama dengan perhitungan MVP, yakni berdasarkan Index Point of Success (idx) tiap pemain dan vote dari pelatih NBL Indonesia yang dilakukan di akhir setiap pertandingan terhadap pemain dari tim lawan. Rookie of the Year adalah pemain dengan akumulasi poin tertinggi dari formula tersebut, dan diberlakukan kepada pemain yang belum pernah berlaga di liga profesional Indonesia manapun sebelumnya.

Coach of the Year

Gelar untuk pelatih terbaik musim reguler ini dipilih langsung oleh seluruh pemain yang terdaftar di NBL Indonesia musim reguler 2010-2011, dengan catatan bahwa pemain tidak dapat memilih pelatih dari timnya sendiri.

Defensive Player of the Year
Yaitu pemain dengan permainan defensive terbaik selama musim reguler. Penilaian diberikan oleh seluruh pelatih NBL Indonesia musim regular 2010-2011 kepada pemain yang dianggap terbaik dalam hal defense. Pelatih tidak dapat memilih pemain dari tim sendiri.

Sixth Man of the Year
Penghargaan ini diberikan kepada pemain cadangan terbaik selama musim reguler NBL Indonesia musim 2010-2011. Pemain yang dinominasikan adalah mereka yang tidak pernah menjadi starter lebih dari enam kali dalam semusim. Penilaian diberikan oleh seluruh pelatih, dan pelatih tidak boleh memilih pemain dari tim sendiri.

Sportsmanship Award
Penghargaan ini diperuntukkan bagi pemain yang dianggap bertindak paling sportif sepanjang musim reguler NBL Indonesia 2010-2011. Setiap pemain memilih pemain dari tim lain yang dianggap sebagai pemain paling sportif saat bertanding.

First Team
Inilah tim berisikan lima pemain dengan performa yang dinilai terbaik sepanjang musim reguler NBL Indonesia 2010-2011. Berisikan dua guard, dua forward, dan satu orang center.
Pemilihan First Team menggunakan formula Index Point of Success (idx) dan vote dari pelatih yang dilakukan setelah setiap game terhadap pemain dari tim lawan.
 
Top Score, Top Rebound, Top Assist, Top Block, dan Top Steal
Penghargaan-penghargaan ini diberikan kepada mereka yang memuncaki statistik NBL Indonesia pada musim reguler. Top Score diberikan kepada pemain dengan poin terbanyak. Top Rebound diberikan pada pemain dengan rebound terbanyak. Begitu pula untuk Top Assist, Top Block, dan Top Steal. Pemain dapat meraih gelar apabila mereka tampil dalam minimal 75 persen dari total pertandingan musim reguler. Pada musim reguler 2010-2011, pemain harus berpartisipasi di minimal 20 dari 27 pertandingan yang diikuti masing-masing tim.

(Ghiboo)

SHARE