Perhatikan Tanda Dehidrasi Pada Bayi!

0
35

.Setiap manusia membutuhkan cairan. Begitu pula bayi. Makhluk kecil ini sangat membutuhkan air dalam tubuhnya. Berikut adalah tanda-tanda si kecil mengalami dehidrasi.

Mulutnya akan menjadi sangat kering. Bahkan bisa jadi saat menangis, air mata tidak keluar dari matanya. Periksa juga popoknya. Bila popok tersebut tidak basah dalam tiga jam atau lebih, maka kemungkinan besar anak mengalami dehidrasi. Ia akan menjadi sering marah nantinya.

Dehidrasi diperkirakan berada dalam tahap yang lebih serius, bila mata, ubun-ubun di kepala dan pipi buah hati terlihat cekung. Si kecil yang biasanya aktif, menjadi pemalas dan selalu terlihat mengantuk, serta lemas. Tidak hanya mulutnya yang kering, namun juga lidah dan kulitnya yang mulai mengeriput. Cubit pelan-pelan kulitnya di bagian belakang telapak tangannya. Kulit anak yang dehidrasi bila dicubit akan lama kembali pada posisinya semula.

Gejala ini akan bertambah jelas dengan bertambah cepatnya denyut nadi si kecil. Frekuensi bertambah, namun melemah. Tangan dan kakinya terasa dingin dan terlihat seperti bernoda kotor. Bagaikan orang yang memiliki penyakit asma, anak akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Nafasnya cepat dan dalam. Penderitaannya tidak hanya sampai di situ. Si kecil akan mulai mengalami kejang otot dan kontraksi otot yang tidak terkendali.

Jaga kesehatan buah hati tercinta. Berikan dia minum air mineral dan susu dalam jumlah cukup dan bila perlu, banyak. Buah-buahan dan sayur yang dijus juga perlu dikonsumsi, karena di dalamnya mengandung banyak air untuk menghindari atau mengatasi dehidrasi dalam tubuhnya.

(Berbagai sumber)

SHARE