Ternyata, Kolesterol Rendah Juga Berbahaya

0
22

.Kita sudah sering mendengar bahwa kelebihan kadar kolesterol dalam darah merupakan salah satu faktor utama terjadinya kelainan jantung. Namun, kolesterol yang terlalu rendah ternyata sama berbahayanya.

Kolesterol merupakan molekul sejenis lipid dalam aliran darah. Kolesterol diproduksi hati dan dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Kolesterol bermanfaat untuk pembentukan selaput sel, beberapa hormon tertentu, dan jaringan yang diperlukan lainnya.

Kadar kolesterol dalam darah yang normal adalah kurang dari 200 miligram per dL, kolesterol jahat (LDL) kurang dari 130 mg/dL, kolesterol baik (HDL) lebih  dari 45 mg/dL, dan trigliserida kurang dari 200 mg/dL.

Seseorang dinyatakan kelebihan kadar kolesterol dalam darah atau kolesterol tinggi, jika total kadar kolesterol mencapai lebih dari 240 mg/dL. Kelebihan kolesterol jahat bisa mengakibatkan penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Di lain pihak kolesterol yang terlalu rendah atau kurang dari 160 mg/dL juga tidak dianjurkan karena berbahaya untuk kesehatan.
Penelitian menunjukkan, ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol total terlalu rendah beresiko tinggi melahirkan bayi prematur. Jumlah kolesterol total dan LDL terlalu rendah juga terkait dengan depresi, kecemasan dan penyakit kanker.

Ternyata tak selalu kolesterol itu jahat ya..

(berbagai sumber)

SHARE