Vaksin Kanker Serviks Untuk Pria, Ouch!

0
29

.Human papilloma virus (HPV) selama ini identik sebagai pemicu kanker serviks pada wanita. Tetapi pada kaum pria, virus tersebut juga bisa menjadi masalah serius, yakni ditandai dengan penyakit kutil di sekitar kulit kelamin. Bentuk HPV pada pria ditandai dengan kutil di sekitar mulut akibat melakukan seks secara oral. Jika penyakit ini diderita suami, maka mudah menular pada sang istri.

Selama ini vaksin pencegah HPV memang lebih diutamakan untuk kaum wanita. Namun, dapat diberikan pada kaum pria, sebagai langkah pencegahan penyakit ini. Faktor risiko HPV pada pria, yaitu ganti-ganti pasangan, tidak disunat, dan melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.

Untuk mengurangi risiko penularan HPV di daerah kelamin, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, jika salah satu pasangan terdeteksi terkena HPV kelamin, maka untuk sementara tidak melakukan hubungan seksual hingga sembuh.

Kedua, saling monogami seumur hidup. Ketiga, menggunakan kondom, terutama untuk perilaku seks berisiko, meskipun hal ini tidak bisa dijadikan proteksi maksimal. Serta, yang terakhir, melakukan vaksinasi.

Meskipun terdengar ringan, namun tak semua orang berani melakukan langkah anjuran tersebut. Akankah anda melakukannya?

(berbagai sumber)

SHARE