Anak Benci Mandi

0
38

.Bayi Anda yang berusia 13 bulan mungkin seperti kucing. Ia tidak akan suka ritual mandi. Tidak menyukai air membasahi muka dan rambutnya. Mungkin juga ia akan berteriak dan langsung berdiri tidak tenang saat akan dimandikan.

Tidak perlu risau. Banyak anak seusianya yang juga tidak suka mandi. Untuk mengatasi ini, mungkin Anda perlu mencoba dan merubah tempat mandinya. Cobalah di beberapa tempat berbeda hingga menemukan tempat yang ia suka.

Mandi di bawah pancuran (shower) dengan Anda bisa dijadikan pilihan. Bisa juga dengan meletakkannya di dalam sebuah bak mandi kecil. Biarkan dia bermain-main di sana dalam keadaan kering selama beberapa saat. Sedikit demi sedikit isi bak dengan air dalam jumlah sedikit, agar tidak membuatnya merasa terancam dan takut.

Teman bermain saat mandi juga perlu, lho, seperti boneka-boneka karet. Sementara, mandikan dia tanpa sabun dan tanpa membasahi kepala serta wajahnya. Bila sudah terbiasa, mulai basahi kepalanya dan gunakan sabun bayi. Sabar, tidak perlu tergesa-gesa.

Beberapa anak mungkin akan suka mandi di kolam renang, karena ternyata ia suka berenang. Siapa tahu nanti si kecil justru ketagihan berada di dalam air?

(Berbagai sumber)

SHARE