Benarkah Handphone Dapat Menyebabkan Kanker Otak?

0
56

.Menurut beberapa penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir, tidak ada bukti yang mengaitkan pengaruh langsung penggunaan handphone dengan muculnya kanker otak.

Namun, yang paling dikhawatirkan dalam penggunaan handphone adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan pada saat pengguna sedang menerima atau melakukan panggilan. Meskipun jenis elektromagnetiknya bukan termasuk yang berbahaya (jika dibandingkan dengan radiasi yang dihasilkan oleh mesin x-ray), namun kita belum tahu pasti apa pengaruhnya pada kesehatan manusia.

Saat ini ada beberapa studi di Amerika yang sedang dilakukan terkait masalah ini. Sambil menanti hasil studi tersebut, apa yang bisa kita lakukan? Kita bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalisasi risiko.

Jika memang harus bertelepon menggunakan handphone, janganlah berbicara terlalu lama. Juga, gunakan handphone dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan telinga. Kalau handphone Anda disertai dengan headset, maka gunakanlah perlengkapan tersebut apabila Anda hendak berbicara lama di telepon.

(berbagai sumber)

SHARE