Tips Berwisata Bersama Rekan Berbulu Anda

0
60

.Tahukah Anda bahwa setiap tanggal 22 Februari adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh anjing di seluruh dunia?? Yup, karena pada tanggal tersebut telah disepakati sebagai Hari Berjalan Bersama Anjing Peliharaan. Tentu saja Anda sering membawa anjing Anda berjalan-jalan, namun khusus untuk tanggal tersebut, berjalan bersama anjing Anda adalah sebuah keharusan. Kemudian, bagaimana kalau Anda merencanakan sebuah liburan khusus bersama hewan kesayangan untuk merayakannya??

Bepergian bersama anjing kesayangan memang dapat menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan jika Anda membuat perencanaan yang tepat. Jika tidak, bisa-bisa akan merusak liburan semua orang. Kalau Anda telah memutuskan bahwa rekan berbulu Anda harus menjadi bagian dari perjalanan Anda, maka inilah yang harus mulai Anda lakukan:

1. Mulailah dengan memasang kalung identitas di leher anjing Anda.

2. Beri pelatihan dasar agar ia berkelakuan baik selama perjalanan

3. Pilih moda transportasi yang tepat. Untuk masalah transportasi, perjalanan udara bukanlah sebuah ide bagus untuk peliharaan Anda. Kargo tidak didesain untuk memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan, bahkan untuk jenis anjing yang paling santai sekalipun. Bukan berarti transportasi udara bukanlah suatu pilihan, hanya saja tidak ideal. Cara terbaik untuk bepergian bersama anjing kesayangan adalah dengan mengendarai mobil. Jika Anda memiliki kendaraan pribadi akan lebih mudah lagi karena anjing Anda secara psikologis telah terbiasa. Jika tidak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Terapi awal terbaik yang bisa Anda berikan untuk hewan peliharaan Anda adalah dengan membawanya berkeliling dengan kendaraan Anda menuju tempat-tempat yang dia suka, seperti taman, toko peralatan dan mainan, atau tempat lain yang menyenangkan.

4. Saat bepergian dengan anjing Anda, pastikan untuk berhenti setiap 3-5 jam agar anjing Anda dapat meredakan ketegangannya, buang air, minum, atau sekedar meregangkan kaki.

5. Setidaknya catatlah beberapa rumah sakit atau klinik hewan yang mudah diakses dari rute perjalanan Anda untuk berjaga-jaga.

6. Jika Anda akan tinggal di hotel saat bepergian dengan anjing Anda, setiadaknya persiapkan semuanya di muka. Cari informasi hotel dan penginapan yang bersedia menerima si tamu berbulu, dan tanyakan apakah harus ditempatkan di ruang yang terpisah atau boleh tinggal bersama Anda. Tanyakan juga fasilitas apa saja yang tersedia untuk anjing Anda, dan ingat, cari tahu apakah ada biaya tambahan di dalamnya.

7. Berkemah dengan anjing Anda adalah pilihan liburan bersama yang paling sempurna karena Anda akan dapat menemukan lebih banyak cara untuk menghabiskan waktu bersama sambil berkomunikasi dengan alam. Namun sebelum anda memutuskan untuk berkemah bersama anjing Anda, pastikan bahwa tempat perkemahan Anda mengizinkannya. Banyak negara dan taman nasional tidak mengizinkan anjing. Di atas semuanya, belajar bagaimana untuk bersenang-senang dan tetap aman saat berkemah.

8. Keadaan darurat tidak hanya terjadi ketika kita berada dekat dengan rumah, oleh karena itu perencanaan yang matang dan penuh pertimbangan adalah sesuatu yang harus Anda persiapkan. Sebelum benar-benar melakukan perjalanan, persiapkan beberapa hal berikut ini: peta jalan dan daerah tujuan, daftar tempat untuk berhenti/istirahat sesaat dan rumah sakit/klinik hewan, tali, sabuk pengaman khusus anjing/kennel, mangkok air, makanan, satu atau dua jenis mainan, Selimut dan atau tempat tidur anjing, plastik untuk kotoran, obat-obatan, dan jika ada bawa serta catatan medis anjing Anda. Gunakan daftar tersebut sebagai panduan saat berkemas dan Andapun sudah siap, semoga aman dan menikmati perjalanan. Happy Walking the Dog Day…

(Berbagai sumber)

SHARE