Wortel, Kaya Khasiat Bagi Perokok

0
56

.Selama ini, wortel cenderung hanya dikonsumsi saat diolah dalam sup, capcay atau masakan lainnya. Padahal, wortel bisa langsung Anda makan sebagai camilan dan dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit di musim hujan seperti saat ini.

Kandungan vitamin pada wortel bukan hanya A, tetapi juga vitamin D, C, B, E, G dan K. Mineral yang terkandung dalam wortel juga cukup lengkap. Mengkonsumsi jus wortel setiap hari akan sangat baik bagi kekuatan tulang Anda karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa wortel bisa melindungi mata. Sebenarnya khasiat wortel lebih dari sekedar melindungi mata Anda. Kandungan antioksidan pada wortel bisa mengurangi risiko terkena kanker.

Penelitian menunjukkan zat karotenoid pada wortel juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, karotenoid juga berfungsi menstabilkan kadar gula dalam darah. Lalu, bagi Anda yang sering menghirup asap baik rokok ataupun knalpot, berisiko mengalami pembengkakan paru-paru (emphysema). Seseorang yang kekurangan vitamin A, akan sangat mudah mengalami emphysema. Untuk itu kurangi risiko emphysema dengan perbanyak konsumsi wortel.

Wortel juga sumber serat yang sangat baik bagi kesehatan usus Anda. Kandungan pytonutrientnya yang disebut falcarinol, juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Jadi, mulai sekarang perbanyaklah konsumsi wortel. Jika diolah menjadi jus sebaiknya konsumsi juga seratnya, jangan hanya sarinya saja.

(berbagai sumber)

SHARE