10 Tips Mode Terbaik Sepanjang Masa

0
39

.Ada 10 hal dasar yang wajib diketahui para fashionista dalam menciptakan gaya. Untuk menjadi style icon, anda bisa merubah stereotipe dan mengabaikan apa yang sedang tren, namun anda tetap harus mematuhi 10 tips terbaik di bawah ini!

1. Selective wardrobes
Jadilah pemimpin dan stylist bagi gaya anda sendiri. Tak mungkin lemari anda mampu menampung seluruh pakaian dari seluruh koleksi terbaru. Lakukan filter setiap bulan untuk menyingkirkan apa yang sudah tidak terpakai, dan tata dengan baik menurut jenis, kegunaan dan warnanya. Cara mudahnya, setiap anda membeli satu baju, anda juga harus mengeluarkan satu baju. Dengan begitu lemari anda akan tetap terjaga isinya.

2. Hire a professional tailor
Seorang penjahit yang baik akan mampu menciptakan pakaian yang jatuh tepat di tubuh anda. Jika menemukan satu yang cocok, anda harus menjaga hubungan intens dengannya, memuji karyanya dan membayar sesuai pekerjaannya. Dengan berlanggganan, anda dapat membuat gaun-gaun indah yang mirip dengan koleksi berbagai toko mahal atau bahkan rancangan anda sendiri. Anda akan mendapatkan one-of-a-kind items dengan harga lebih terjangkau dan cutting yang jauh lebih pas.

3. Invest into basic items
Setiap lemari harus memiliki basic items yang merupakan kunci dari penampilan yang timeless. Kemeja putih, celana hitam, little black dress, mantel panjang, leather jacket, denim jacket, flat shoes, pump shoes, jam tangan klasik, jeans, waist belt, cardigan dan tote bag adalah beberapa potong yang selalu anda butuhkan kapanpun dan tak akan tergilas tren di negara manapun.

4. Mix and match
Seorang wanita yang memiliki good sense of fashion pasti tahu bagaimana mengkombinasikan pakaian dengan tepat. Memiliki sepatu dan tas berwarna netral adalah suatu keharusan dan anda tak perlu ragu menciptakan gaya baru dari casual items yang digabungkan dengan formal items. Pastikan anda bisa menggunakan pakaian lama dan baru dengan seimbang sehingga tampilan anda tak pernah membosankan.

5. The power of accessories
Ada beberapa potong pakaian yang mungkin hanya tren semusim, namun aksesoris tak pernah berbohong. Dengan satu gaun atau women suit yang sederhana, anda dapat membuatnya tampak luar biasa karena sentuhan aksesoris seperti kalung, gelang, sunglasses, scarf dan belt. Pilihlah aksesoris yang sesuai dengan kepribadian anda, misalnya etnik, glam, simple, edgy atau feminin. Jangan menggunakannya sekaligus dan sesuaikan warnanya dengan pakaian anda. Audrey Hepburn, Elizabeth Taylor dan Jacky-O adalah tiga tokoh legendaris yang terkenal hebat dalam memadukan aksesoris.

6. Good quality shoes
Setiap wanita tak mungkin selalu menggunakan high-heels dalam hidupnya, bahkan Victoria Beckham sekalipun. Untuk itu, anda dapat mengkoleksi sepatu-sepatu berkualitas dan bermaterial baik yang nyaman dipakai. Sebaiknya, anda memiliki satu atau dua jenis sepatu: stiletto, flats, wedges, kitten heels, sandals, dan sneakers. Untuk boots atau chunky platforms, anda bisa membelinya jika suka dan berguna, namun jika tidak, tinggalkan saja.

7. Don’t be a fashion victim
Jangan menjadi orang yang kelaparan setiap kali tren fashion berubah seiring musim yang berganti. Ingat bahwa postur tubuh dan kepribadian anda belum tentu cocok dengan segala yang ditampilkan di media dan display toko favorit anda. Jika anda terpaku pada apa yang sedang hype, anda akan mudah terlihat serupa dengan wanita lain yang anda temui. Untuk mengakalinya, anda bisa melihat tahun-tahun silam untuk menjadi referensi gaya anda, apakah mengarah ke 1950-1960 atau 1970 dan 1980.

8. Brand is not everything
Brand bukanlah hal satu-satunya yang perlu anda fokuskan dalam membeli pakaian. Banyak sekali wanita di luar sana yang tampil menakjubkan tanpa menjunjung tinggi label dibalik kerahnya. Sebaliknya, banyak juga yang mampu membeli segalanya, namun memiliki taste yang buruk sehingga produk yang dikenakannya itu tak berarti apa-apa. Anda dapat memadukan beberapa merk favorit anda dengan gaun yang ditemukan di flea market atau aksesoris yang dibeli di high-street market. Menggabungkan karya desainer mahal dan produk terjangkau dapat memunculkan gaya yang lebih variatif dan inspiratif.

9. Invest into chic pieces
Pastikan pakaian dan aksesoris yang anda beli terlihat indah, mengagumkan dan nyaman. Pilih barang-barang yang membuat anda tampak lebih cantik saat memakainya, dan buatlah orang lain juga berpikir seperti tu. Studded handbags, nude trench coat, leopard pump shoes, lace dress, silk scarf, atau statement necklace dapat anda miliki untuk penampilan yang lebih chic dan classy. Mungkin beberapa diantaranya berharga tinggi, namun items ini sangat memorable, covetable dan timeless.

10. Don’t be too perfect
Kate Moss pernah mengatakan: “don’t be too perfect.” Faktor ini penting untuk jadi inspirasi anda karena tak ada satupun yang sempurna di dunia ini, dan memaksakan ke arah sana akan membuat anda tampak palsu. Jangan takut pada rambut yang sedikit berantakan, jeans yang digabungkan dengan fine-tailored blazer, smokey-eyes yang sedikit smudgy dan rok yang tidak terlalu licin, karena anda akan terlihat effortlessly stylish jika memakai sesuatu dengan cara yang natural dan percaya diri.

(Berbagai sumber)

SHARE