Pedas, Nikmat, dan Sehat

0
38

.Ada yang bilang, Indonesia adalah negerinya sambal. Ya, itu memang benar. Walaupun harga cabai saat ini sedang mahal, masyarakat Indonesia tidak berhenti mengkonsumsi si mungil pedas itu. Dan di balik rasa pedas yang menggigit lidah itu, ternyata cabai memiliki khasiat bagi kesehatan. Di antaranya, cabai dapat mengurangi risiko kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hasil penelitian laboratorium di Inggris menemukan, kandungan capsaicin pada cabai yang menimbulkan rasa pedas, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Jadi tidak heran mengapa beberapa kasus kanker di Meksiko dan India, yang masyarakatnya banyak mengonsumsi makanan pedas, kasus kanker lebih sedikit dibandingkan negara-negara Barat yang masyarakatnya cenderung tidak suka makanan pedas.

Sementara itu, dua penelitian yang dilakukan tim dari Australia juga mengungkap, menambahkan cabai dalam setiap masakan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hasil penelitian itu juga menjelaskan, makanan pedas juga bisa menstabilkan kadar insulin dalam darah.

Dokter Khursheed Jeejeebhoy, ahli penyakit dalam dari University of Toronto, menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Menurutnya, mengkonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan sangat baik untuk menyembuhkan luka dan juga menurunkan deman. Untuk penyembuh luka, cabai merah yang dikeringkan dan ditumbuk sampai halus dapat mempercepat proses penyembuhan luka jika ditaburkan pada luka tersebut.

Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabai merah yang menghilangkan rasa sakit. Sementara itu, daun pohon cabe juga dapat digunakan masyarakat di pedesaan untuk menurunkan demam. Caranya, ambil segenggam daun cabai rawit, tumbuk sampai halus, lalu tambahkan satu sendok minyak selada. Kemudian campurkan kedua bahan itu sampai rata. Lalu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

Masih banyak khasiat yang dimiliki si mungil pedas ini. Misalnya dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin, darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Darah pun akan mengalir dengan lancar, dengan kata lain mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

Walau banyak manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi cabai, namun dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jadi tidak salah bila mulai menyisipkan makanan pedas dalam menu harian Anda secara berkala.

Siap merasakan kepedasan yang nikmat?

(berbagai sumber)

SHARE