Teh Celup Berbahaya?

0
28

.Tidak ada yang mengalahkan kenikmatan segelas teh celup di pagi, siang atau sore hari. Anda tentu sering minum teh menggunakan teh celup, kan? Apakah Anda terbiasa mencelupkan kantong teh celup berlama-lama? Mungkin Anda mengira, semakin lama kantong teh dicelupkan dalam air panas, maka akan terasa semakin nikmat.

Padahal, yang terjadi justru tidak seperti itu! Kandungan zat klorin di kantong kertas teh celup akan larut, apalagi jika Anda mencelupkan kantong teh lebih dari 3-5 menit. Klorin, zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas, berfungsi sebagai disinfektan yang membuat kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama.

Bayangkan jika zat pengawet seperti ini masuk ke tubuh Anda, apalagi dalam jumlah besar. Tentu akan berbahaya. Banyak penelitian yang membuktikan kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker.

Sekedar informasi, jika Anda pernah berkunjung ke pabrik kertas (pulp), kertas terbuat dari bubur pulp yang berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pemutih senyawa chlorine yang kekuatannya sangat keras sekali!

Selain itu, dari kejauhan terlihat asap berwarna kuning yang mengepul dari pabrik. Itu bukan asap biasa, tapi chlorine gas. Makanya industri kertas kerap mendapat serangan hebat dari LSM lingkungan karena hal di atas juga dapat menimbulkan masalah kehutanan. Chlorine merupakan senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia

Nah, mulai sekarang, jangan biarkan teh celup Anda tercelup lebih dari 5 menit. Atau, solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah, kembali minum teh tubruk ala kampung. Walaupun sedikit repot, tapi kesehatan kita terjamin.

(berbagai sumber)

SHARE