Anggota Terbaru Keajaiban Dunia

0
61

.Dari panas dan gersangnya kawasan piramida Mesir di benua Afrika hingga dinginnya pulau Wrangel di ujung Rusia, ada begitu banyak situs keajaiban dunia yang pesona dan keindahannya menanti untuk kita jelajahi. Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) setiap tahunnya selalu mencoba menambahkan beberapa lokasi baru ke dalam daftar Situs Warisan Dunia, tentu saja melalui serangkaian kajian dari para ilmuwan. Tahun lalu Unesco telah menambahkan sebanyak 21 situs baru sehingga saat ini setidaknya terdapat 911 titik di seluruh dunia yang dilabeli sebagai Situs Warisan Dunia. Jika suatu situs mendapatkan label ini, maka negara yang bersangkutan akan mendapatkan bantuan keuangan dan saran untuk mendukung pelestarian situs tersebut.

Beberapa lokasi terbaru yang mendapatkan label Situs Warisan Dunia dari UNESCO antara lain China Danxia, yaitu sebuah kawasan indah dan menkjubkan yang dihiasi tebing curam berwarna merah yang terkenal dengan sebutan Planet Mars dari China, batuan pilar yang dramatis dan natural, serta air terjun di bagian selatan. Sedangkan di barat daya Perancis, tepatnya di tepi Sungai Tarn di Kota Albi, Anda akan menemukan sebuah jembatan tua, perempatan Saint-Salvi, dan bangunan katedral tua Albi yang manjadi puncak dari keseluruhan gaya arsitektur dan tata kota abad pertengahan. Mungkin sekilas Anda akan menyangka kalau istana tersebut adalah istana yang sama yang pernah Anda lihat di trilogi film Lord Of The Rings.

Sementara itu di negeri sungai Gangga India, UNESCO juga telah menetapkan situs pengamatan bintang Jantar Mantar di kota Jaipur, India, sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Observatorium kuno yang terletak di jantung kota Delhi ini dibangun oleh Maharaja Sawai Jai Singh II pada tahun 1730. Bangunan unik ini digunakan untuk menentukan hari terpendek dan terpanjang dalam setahun, untuk mempelajari benda-benda angkasa, dan tentu saja untuk meramalkan kapan terjadinya gerhana.

Daftar dan informasi lengkap mengenai 911 situs warisan budaya di dunia dapat Anda temukan di halaman World Heritage Convention UNESCO.

(Berbagai sumber) 

SHARE