Kabar Gembira dari Udara

0
56

.Meskipun kecelakaan pesawat terbang adalah salah satu hal yang paling menakutkan dan paling dihindari oleh manusia, namun pada kenyataannya setiap tahunnya selalu saja ada. Namun kini Anda boleh bernafas lega karena Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) baru saja mengabarkan berita gembira tentang angka kecelakaan penerbangan tahun 2010 yang merupakan jumlah terendah sepanjang sejarah.

Berdasarkan perhitungan kerugian lambung (kondisi pesawat hancur atau rusak parah dan tak mungkin di perbaiki) yang dialami oleh pesawat buatan Barat dalam satu juta kali terbang, secara keseluruhan tingkat kecelakaan pesawat di tahun 2010 hanya sebesar 0,61%, yang artinya dalam 1,6 juta kali penerbangan hanya terjadi 1 kali kecelakaan. Tentu saja ini adalah angka dan kemajuan yang melegakan mengingat di tahun 2009 angkanya mencapai 0,71 atau satu kecelakaan untuk 1,4 juta penerbangan. Kalau dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu, tingkat kecelakaan telah berhasil dipotong hingga sebesar 42% dari catatan data tahun 2001 dan secara tidak langsung mengindikasikan peningkatan kualitas dan kinerja keselamatan penerbangan.

Dalam keterangan persnya, Direktur Jenderal & CEO IATA Giovanni Bisignani mengatakan bahwa “Terbang itu aman dan keselamatan Anda selama di perjalanan adalah prioritas nomor satu IATA. Tercapaianya tingkat kecelakaan terendah dalam sejarah adalah sebuah prestasi yang menunjukkan bahwa komitmen kami untuk mewujudkan zero accidents dan zero fatalities membuahkan hasil. Yang kita perlukan hanyalah lebih fokus dan bertekad untuk bergerak lebih dekat dengan tujuan tersebut di masa yang akan datang”. Yeah… viva IATA.

(Berbagai sumber)

SHARE