Melatih Kesabaran Melalui Hobi

0
63

.Dalam kondisi kerja yang cepat, dan jalanan yang penuh dengan kemacetan seperti di Jakarta ini, dapat membuat darah cepat naik. Risikonya Anda bisa mudah tersinggung dan bahkan kehilangan kewaspadaan karena terlalu ingin buru-buru dan ini dapat membahayakan.

Tiada lain solusinya adalah berlatih kesabaran. Dengan sabar, Anda dapat melihat situasi lebih baik. Sabar bukan berarti lambat, tetapi, memanfaatkan saat yang tepat untuk bertindak.

Bagaimana cara melatihnya? Mudah saja, salah satunya dari hobi. Ghiboo menemukan tiga hobi yang dapat melatih kesabaran diantaranya:

1. Mancing
Walaupun ada yang bilang, hobi ini membuang-buang waktu, sebenarnya tidak juga. Bila diperhatikan, seseorang di saat memancing harus memperhatikan pelampungnya, sedikit Anda hilang konsentrasi pada pelampung yang bergerak, kemungkinan umpan yang ada pada mata kail akan hilang.

2. Merajut dan Merenda
Memang hobi ini lebih identik bagi orang tua. Namun sekarang, banyak anak muda mulai menyukai hobi ini karena dapat menghasilkan uang. Sebuah rajutan yang baik dengan kualitas dan bahan yang bagus bisa dihargai hingga jutaan rupiah.
Selain sisi ekonomi, sebuah studi menerangkan tentang manfaat merajut dan merenda untuk melatih kesabaran, konsentrasi dan pengendalian diri. Tentu saja, saat Anda mulai mencoba memasukkan benang ke dalam lubang jarum, hal itu saja sudah membutuhkan konsentrasi, fokus dan kesabaran. Apa lagi ditambah dengan kegiatan merajut atau merendanya.

3. Origami
Seni lipat asal Jepang dengan menggunakan bahan kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Kegiatan ini hampir sama seperti kita membuat kapal-kapalan dari kertas. Namun dengan teknik origami banyak bentuk yang bisa dibuat.
Hasil origami merupakan hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan. Kegiatan ini melatih kesabaran juga ketelitian dalam melipat.

Semoga bermanfaat.

(Berbagai sumber)

SHARE