Menaklukkan Panasnya South by Southwest 2011 di Austin

0
30

.Kurang dari satu bulan lagi kota Austin di Texas akan segera dibanjiri oleh ribuan artis, seniman, musisi, dan para penggemar musik indie yang akan merayakan salah satu festival seni dan budaya paling terkenal di dunia, yaitu South by Southwest.

Musim panas di bulan Maret tahun 2011 ini akan menjadi tahun ke-25 penyelenggaraan South by Southwest (atau yang sering disingkat SXSW) yang akan dimeriahkan lebih dari 2000 performer (diantaranya The Strokes, Gold panda, Sondre Lerche, Los Lonely Boys, Asobi Seksu, Erykah Badu, Bombay Bicycle Club, Fujiya & Miyagi, Klaxons, Kopecky Family Band, MSTRKRFT, Noah and The Whale, Someone Still Loves You Boris Yeltsin, Teen Daze, Toro y Moi, hingga sang sensasi indie saat ini: James Blake) yang datang dari Inggris, Australia, Spanyol, Prancis, Brasil, Palestina, Finlandia, Kolombia, Taiwan, Cili, Jepang, Norwegia, Kroasia, Jerman, Denmark, Kanada, dan tentu saja Amerika.

Tidak seperti Coachella, Bonnaroo, ataupun festival musik lainnya, SXSW memiliki skala dan level tersendiri dalam dimensi festival musik yang melibatkan film dan hiburan interaktif. Inilah tempat dimana para pecinta musik indie dari seluruh penjuru dunia akan memiliki kesempatan untuk melihat pertunjukan band-band paling menjanjikan dengan potensi meledak di pasaran, selain kesempatan melihat pertunjukan artis label kenamaan. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menikmati sensasi 4 hari di SXSW Music Festival??

1. Beberapa hal dasar yang Anda butuhkan: I.D, jadwal pertunjukan, kamera, sepatu yang nyaman, peta, earplug untuk melindungi telinga Anda, badge atau wristband atau tiket untuk menikmati acara.

2. Perbarui terus informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan South by Southwest ini. Siapa saja artis yang berpartisipasi, di mana saja lokasi pertunjukan mereka, jadwal pertunjukan dan pesta, semuanya…

3. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa masuk ke area SXSW Music. Yang pertama adalah dengan memiliki sebuah badge seharga $750 yang menjadi masuk Anda ke semua acara musik resmi SXSW, akses mengikuti konferensi dengan bintang tamu Bob Geldof yang legendaris, serta berbagai pesta dan kegiatan yang disponsori oleh SXSW Music. Cara kedua untuk bisa menikmati South by Southwest adalah dengan membeli wristband senilai $200 ($165 kalau Anda beli sekarang). Kalau sudah ada wristband di pergelangan tangan, maka secara sah Anda telah memiliki tempat terbaik untuk melihat festival ini. Berita buruknya adalah: gelang tanda masuk ini hanya dijual khusus untuk anak-anak Austin. Well, setidaknya masih ada 1 cara lagi untuk bisa membuat Anda memasuki area festival. Yang Anda perlukan hanyalah dedikasi, kesabaran, dan uang di genggaman saat mengantri tiket di depan pintu pertunjukan.

4. Datanglah ke acara SXSW Day Party. Acara ini diadakan secara gratis dan akan mempermudah jalan masuk Anda ke acara pertunjukan di malam hari mengingat selepas senja seluruh jalanan di Austin akan dipadati oleh saingan Anda. untuk tahun ini, SXSW Day Party akan dimeriahkan oleh kehadiran band indie asal NYC: The Pains of Being Pure at Heart.

5. Buatlah jadwal untuk memaksimalkan besarnya nilai kepuasan yang bisa Anda dapatkan dari South by Southwest festival. Tentukan band yang ingin Anda saksikan aksinya dan temukan cara terbaik untuk berpindah dari satu tempat ke tempat pertunjukan berikutnya. Kantongi juga beberapa rencana cadangan just in case skenario buruk terjadi.

6. Persiapkan diri dengan maksimal. Awali dengan mencocokkan jenis pakaian yang akan Anda kenakan dengan cuaca di sana. Kenakan sepatu yang paling nyaman, dan jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai untuk keperluan taksi, makanan dan minuman. Pastikan ponsel Anda terisi penuh (baik daya maupun pulsa) sehingga Anda tidak kehilangan jejak kawan-kawan Anda.

7. Hal-hal tak terduga mungkin akan terjadi, namun yang paling penting adalah tetap bisa bersantai dan menikmati keadaan. Festival ini sangat luar biasa besar, jadi tidak mungkin kalau Anda tidak bisa menemukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat, dilakukan, didengar, diminum ataupun dimakan. Dan ingat, Anda masih memegang kamera di tangan Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE