Menyulap Makanan Diet Menjadi Lebih Enak

0
32

.Diet kerap dikaitkan dengan jenis-jenis makanan yang tidak enak. Dan “siksaan” itu semakin diperburuk dengan jumlah makanan yang harus dibatasi. Padahal, dengan sedikit kreativitas, makanan diet bisa disulap menjadi makanan lezat dan memberi kenikmatan dua kali lipat.

Kenikmatan pertama, adalah cita rasa yang enak dan menggugah selera. Kenikmatan kedua, adalah manfaat kesehatan dan bonus penampilan yang lebih baik di segala usia.

Berikut ini adalah beberapa tips menyulap makanan diet yang enak dan mudah disiapkan:

Tambahkan rempah-rempah
Salah satu syarat makanan enak adalah penggunaan rempah-rempah yang banyak. Gunakanlah rempah-rempah yang harum dan bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara yang kaya rempah-rempah.

Jangan tambahkan mentega
Saat membuat makanan yang dibakar, misalnya ayam atau ikan bakar, hindari mengoleskan atau menambahkan mentega. Berbagai makanan yang dibakar bakar sudah sangat enak tanpa harus diolesi mentega. Demikian dengan roti gandum yang bisa langsung dimakan sebagai roti lapis.

Pengganti yang lebih rendah kalori
Beberapa bahan makanan populer memiliki pengganti yang lebih rendah kalori. Misalnya, santan yang biasa digunakan untuk kari atau rendang bisa digantikan dengan susu rendah lemak. Demikian halnya dengan keju, mayonnaise, cheese spread yang rendah lemak dan pemanis rendah kalori.

Tumis tidak harus dengan minyak banyak
Salah satu kesalahan dalam menumis adalah, terlalu banyak menggunakan minyak. Hal ini justru membuat makanan yang seharusnya sehat menjadi kurang sehat. Cobalah menumis dengan menggunakan cooking spray yang rendah kalori atau diakali dengan cara menuangkan minyak goreng ke tissue yang kemudian dioleskan tipis pada permukaan penggorengan. Dengan demikian makanan lebih rendah kalori tanpa mengurangi cita rasa.

(berbagai sumber)

SHARE