Tahukah Anda Apa Itu Alzheimer?

0
54

.Banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu alzheimer. Banyak orang melihat Alzheimer sebagai penyakit pikun atau daya ingat yang cenderung melemah, padahal gejalanya tak cuma itu.

Alzheimer tergolong sebagai salah satu jenis dementia yang ditandai dengan melemahnya kemampuan bercakap, berpikir sehat, daya ingat, kemampuan mempertimbangan, adanya perubahan kepribadian dan tingkah laku yang tidak terkendali.

Sumber penyakit ini belum diketahui dengan pasti. Namun sebagian ilmuwan memperkirakan bahwa kepikunan ini disebabkan berbagai hal antara lain penyakit jantung, paru-paru, ginjal, gangguan darah, dan infeksi gangguan nutrisi.

Selain itu, disebabkan kelainan otak primer seperti stroke, infeksi, serta pola hidup tidak sehat. Orang berusia 65 tahun memang lebih rentan terkena penyakit ini. Namun, penyakit mematikan ini juga sudah menyerang kaum muda.

Gejala ini di antaranya, lupa dimana menyimpan kunci, lupa nomor telepon, serta lupa bagaimana cara mengaduk gula di dalam gelas. Dan yang lebih parah penderita sudah tidak mampu mengurus diri sendiri, tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat.

Penderita Alzheimer berubah menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya. Yang menyedihkan, penderita tidak memahami apa yang terjadi pada diri mereka dan memerlukan bantuan orang lain.

Kebanyakan penderita Alzheimer meninggal dunia akibat radang paru-paru atau pneumonia, karena mereka tidak dapat melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya. Hingga kini, penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan. Tetapi, gejalanya masih dapat dikendalikan dengan obat-obatan.

(berbagai sumber)

SHARE