Bola Untuk Tumbuh Kembang Anak

0
40

.Bola sering digunakan sebagai alat terapi fisik secara medis. Berbagai ukuran bola – kecil, sedang, besar – masing-masing memiliki fungsi dan manfaat untuk perkembangan si kecil.

Bola kecil seperti bola golf atau bola tenis bisa digunakan untuk memijat otot pada tubuh. Sedang bola basket dan bola untuk sepakbola dapat digunakan untuk melatih koordinasi mata dan tangan serta membentuk kekuatan pada lengan dan kaki. Lemparkan bola ke depan dan belakang untuk mengembangkan daya reflek anak. Anda juga bisa meningkatkan kecepatan, kekuatan dan koordinasi si kecil dengan memintanya menendang bola.

Bila bosan, Anda dan si kecil dapat bermain dengan menggelindingkan bola, layaknya bermain bowling. Untuk awalan, minta anak menggelindingkan bola kecil. Bila sudah terbiasa, gantilah bola dengan ukuran yang lebih besar. Meriahkan permainan dengan menambahkan beberapa kaleng minuman soda yang telah kosong.

Susun kaleng-kaleng tersebut di luar ruangan (outdoor). Tantang buah hati untuk menjatuhkan seluruh kaleng tersebut dengan menabrakkan bola yang digelindingkannya ke sana. Saat dia melihat kaleng-kaleng itu berjatuhan, dia akan semakin antusias dan ketagihan memainkannya.

Latihan fisik yang menyenangkan, bukan?

(Berbagai sumber)

SHARE