Bertualang Mengelilingi Museum Kimchi

0
54

.Tidak ada habisnya jika membahas tentang Korea. Mulai dari kebudayaannya, masyarakatnya, hingga tradisi kulinernya. Negara berjuluk Negeri Ginseng ini seakan mempunyai keunikan yang tidak habis jika digali.

Salah satu bentuk tradisi kuliner yang masih dipertahankan sampai saat ini adalah makan kimchi. Tradisi membuat dan mengkonsumsi kimchi diwujudkan dengan dibangunnya Museum Kimchi atau kimchi field museum di Seoul.

Museum Kimchi yang dibangun pada tahun 1986 merupakan pusat pengetahuan mengenai kimchi, salah satu jenis makanan Korea yang terpenting.  Pembangunan museum ini menandakan bahwa masakan tradisional Korea itu merupakan bagian dari warisan luhur budaya Korea.

Selain itu, museum kimchi didirikan dengan misi memperkenalkan kimchi kepada seluruh masyarakat dunia. Setiap bagian dari museum selalu terlihat menarik karena menampilkan pengetahuan mengenai kimchi. Museum ini terdiri dari empat ruang pameran, di antaranya berisi sejarah, jenis, cara pembuatan dan penyimpanan, serta kandungan gizi yang terdapat dalam kimchi.

Sejumlah buku dan artikel lama tentang kimchi juga tersimpan baik di dalam sebuah ruangan bernama Chingu. Di ruangan lainnya, pengunjung bisa melihat berbagai ragam jenis kimchi beserta bumbu-bumbunya dari masa ke masa. Karena keunikannya, museum ini mampu mendatangkan sekitar 100.000 pengunjung per tahunnya.

Kalau di Indonesia ada museum tempe, mungkin akan menarik, ya?

(berbagai sumber)

SHARE