Memadukan Keseimbangan Statis dan Dinamis

0
47

.Bisa berdiri dan berjalan, belum tentu si kecil dapat berjalan tanpa terjatuh sedikitpun. Anda pasti sering melihatnya tiba-tiba jatuh sendiri saat asyik berjalan atau berlari. Ini dikarenakan dia belum dapat menyeimbangkan diri dengan sempurna.

Keseimbangan tubuh manusia terbagi dua. Keseimbangan statis dan bergerak. Untuk dapat seimbang dalam keadaan diam berdiri tanpa gerak, Anda dapat melatih si kecil untuk berdiri di atas ujung jari kakinya (berjinjit). Sedang keseimbangan dinamis dapat terlihat dari cara bergerak sang buah hati.

Untuk memperoleh kedua keseimbangan tersebut secara bersamaan memang tidak mudah. Anak harus sering melatik kemampuan motoriknya. Anda dapat membantunya dengan mengajaknya bermain. Minta ia berdiri di atas ujung jari kakinya kakinya saat Anda berteriak, “Jinjit!” Tak lama, Anda harus langsung mengucapkan, “Lari!” Saat ia sedang sibuk berlari, segera katakan, “Jongkok!”

Dalam hitungan detik dan menit, anak ‘terpaksa’ untuk melakukan tiga gerakan berbeda, berjinjint, berlari, dan jongkok. Anda harus ikut mempraktekkan hal ini bersamanya. Pemenang didapatkan jika salah satu dari Anda berdua salah memperagakan perintah dan terjatuh saat memperagakannya. Apa hukumannya? Gelitik dia!

Seru, kan? Siapa yang mau ikut main?

(Berbagai sumber)

SHARE