Oscar Trivia Part.1

0
47

.Minggu, 27 Februari 2011, akan diselenggarakan Academy Award ke 83 yang akan diadakan di Kodak Theatre Hollywood, California. Insan perfilman yang “beruntung” akan membawa pulang Piala Oscar yang dianggap sebagai penghargaan paling bergengsi dalam dunia perfilman. Bagi Anda yang senang dengan film-film Hollywood dan rutin mengikuti pagelaran Academy Award setiap tahunnya, berikut ada beberapa trivia berkaitan dengan berlangsungnya acara tersebut :

  1. Orang yang paling pertama mendapatkan Oscar tapi tidak menghadiri acara Academy Award adalah Emil Jannings. Jannings memenangkan kategori Best Actor di Academy Awards 1927-28 memutuskan untuk pulang kembali ke rumahnya di Jerman sebelum acara berlangsung. Sebelum Jannings pergi, piala Oscar yang paling pertama kalinya itu diserahkan kepadanya.  
  2. Oscar Hammerstein II adalah satu-satunya pemenang dengan nama Oscar yang mendapatkan Piala Oscar (sebutan untuk piala Academy) untuk lagunya, “The Last Time I Saw Paris,” di film Lady Be Good (1941).
  3. Film Midnight Cowboy (1969), pemenang Academy Award kategori Best Picture, merupakan satu-satunya film kategori X-rated yang memenangkan Oscar.
  4. Ethel dan Lionel Barrymore adalah satu-satunya kakak beradik yang pernah memenangkan Academy Awards di bidang akting. Lionel Barrymore menang di kategori Best Actor di film A Free Soul (1931) dan Ethel Barrymore kategori Best Actress di film None But the Lonely Heart (1944).
  5. Gone With the Wind (1939) adalah film berwarna pertama yang menang kategori Best Picture award.
  6. Ada beberapa orang yang mendapat nominasi Academy Award setelah mereka meninggal dunia. Orang pertama yang dinominasikan dan menang adalah penulis naskah Sidney Howard untuk film Gone With the Wind (1939). Sedangkan James Dean adalah satu-satunya aktor yang dinominasikan dua kali setelah meninggal, masing-masing di kategori Best Actor untuk film East of Eden (1955) dan Giant (1956).
  7. Tiga aktor dan aktris yang menang Academy Award memerankan karakter yang tidak pernah mengucapkan sepatah kata sepanjang film. Jane Wyman menang kategori Best Actress memerankan tokoh bisu dan tuli Belinda di film Johnny Belinda (1948), kemudian Sir John Mills memerankan karakter bisu di film Ryan’s Daughter (1970) memenangkan kategori Best Supporting Actor, serta Holly Hunter menang kategori Best Actress memerankan karakter bisu Ada McGrath di film The Piano (1993).
  8. Daftar orang yang pernah menjadi host acara Academy Award diisi oleh nama-nama bergengsi seperti Will Rogers, Frank Capra, Jack Benny, Fred Astaire, Jack Lemmon, dan David Letterman. Tapi yang paling sering menjadi host dalam sejarah Academy Award adalah Bob Hope sebanyak delapan belas kali, disusul tempat kedua Billy Crystal dengan delapan kali, serta lima kali yang dilakukan oleh Johnny Carson
  9. Nama resmi piala Oscar adalah “Academy Award of Merit.” Nama “Oscar” sebenarnya adalah sebuah julukan yang sudah ada selama beberapa dekade tanpa diketahui jelas awal mulanya. Ada beberapa cerita berbeda yang mengkisahkan asal julukan “Oscar” tersebut. Cerita yang paling dikenal mengenai hal tersebut berkaitan dengan Margaret Herrick. Herrick adalah seorang librarian di Academy dan ketika pertama kali melihat piala itu dia mengatakan mirip dengan pamannya yang bernama Oscar. Tanpa mempermasalahkan asal mula julukan tersebut, nama Oscar mulai sering dipakai untuk menyebut piala itu di era 1930an dan secara resmi dipakai oleh Academy mulai tahun 1939.
  10. Satu-satunya pemenang Academy yang secara resmi tidak pernah dinominasikan adalah Hal Mohr di kategori Best Cinematography untuk film A Midsummer Night’s Dream (1935). Mohr menjadi orang pertama dan satu-satunya yang menang melalui pemungutan suara tertulis.
  11. Di pagelaran Academy Award ke 61 tahun 1989, Academy memutuskan mengganti kalimat “And the winner is…” dengan kalimat “And the Oscar goes to…”
  12. Ketika berlangsungnya acara Academy Award pada 2 April 1974, seorang lelaki dengan nama Robert Opal lari ke panggung dalam keadaan telanjang. Pada saat itu David Niven sedang ada di atas panggung untuk membacakan kategori Best Picture ketika pengacau itu lari di belakangnya.

(berbagai sumber)

SHARE