Bau Mulut? No Way!!

0
24

.Ketika sedang asyik berbincang, tiba-tiba tercium bau mulut? Hmm..hal yang satu ini bisa membuat nilai performance seseorang turun drastis. Jangan khawatir, bau mulut bisa dihilangkan dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menghilangkan bau mulut. Makanan dan minuman tersebut juga mudah ditemukan dan rasanya enak.

Lemon
Coba hisap irisan lemon atau menggigit-gigit kecil pinggiran lemon tersebut. Jika Anda di restoran, bisa pesan air putih dengan potongan lemon di dalamnya, atau lemon tea. Untuk waktu-waktu terdesak, permen dengan rasa lemon juga bisa membantu, dan lebih mudah dibawa. Lemon ini bisa menetralkan makanan yang aromanya kencang seperti kambing dan bawang.

Daun peterseli dan garnish hijau lainnya
Ketika pesanan kita tiba dengan garnish hijau di bagian pinggirnya, biasanya berupa daun parsley, basil, atau rosemary, coba kunyah daun-daun tersebut. Batang dan daun tumbuhan kecil ini memiliki kandungan minyak yang mampu menutupi bau mulut.

Wortel
Pada saat mengunyah makanan yang mengandung serat, akan membantu mulut memproduksi air liur, sehingga menciptakan pembersih mulut alami. Banyak dokter gigi menganjurkan untuk mengunyah wortel ataupun apel, untuk mengurangi bau mulut. Selain enak, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu kita yang tengah menjalankan diet.

Teh Hijau
Dalam teh hijau mengandung zat aktif bernama catechins yang dapat membunuh bakteri di mulut sekaligus menghilangkan gula dari plak. Bakteri penyebab bau mulut pun bisa hilang. Meminum teh hijau setiap hari sangat dianjurkan untuk menghilangkan bau tak sedap.

Yoghurt
Yoghurt adalah minuman prebiotik yang baik untuk pencernaan. Jika dikonsumsi setiap hari, probiotik di dalamnya dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar, bau mulut dapat dihambat. Tapi jika kita memiliki masalah dengan lambung, konsumsi yoghurt sebaiknya dibatasi.

Daun mint atau batang kayu manis
Bahan-bahan ini bisa membantu memadamkan bau tidak menyenangkan dari bawang bombay dan bawang putih. Minyak dari kayu manis juga bisa membunuh bakteri pada mulut agar tidak berkembang lebih banyak. Kayu manis atau permen karet rasa mint sama efektifnya. Jika kita pencinta permen karet, pilih permen karet dengan rasa mint yang mengandung xylitol untuk mengurangi risiko gigi berlubang sekaligus menyegarkan napas.

Air Putih
Cara terkahir tapi cukup ampuh untuk mengurangi bau mulut adalah dengan meminum air putih. Karena dengan meminum air putih dapat merangsang saliva dengan baik. Dengan berkumur dengan air putih dapat mengeluarkan kotoran dari sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

(berbagai sumber)

SHARE