Oscar Trivia Part.2

0
68

.Berikut ini adalah trivia seputar Oscar menyambung artikel sebelumnya :

  1. Sebuah peristiwa unik dialami film Charlie Chaplin yang berjudul Limelight. Film yang diproduksi tahun 1952 ini memenangkan Academy Award tahun 1972 atau 20 tahun setelah pertama kali dirilis. Menurut aturan Academy pada waktu itu, sebuah film tidak akan dipertimbangkan untuk Academy Award sampai film itu diputar di Los Angeles. Jadi ketika Limelight akhirnya diputar di sebuah bioskop di Los Angeles tahun 1972, barulah film tersebut memenuhi syarat untuk sebuah penghargaan.
  2. Academy Award adalah salah satu penghargaan tertinggi dalam bisnis perfilman, tapi ada tiga orang yang menolak menerima penghargaan tersebut. Orang yang paling pertama kali menolak adalah Dudley Nichols yang memenangkan kategori Best Screenplay untuk film The Informer (1935). Nichols memboikot acara Academy Award karena adanya konflik antara Academy dan the Writer’s Guild. Kemudian pemenang kategori Best Actor di film Patton (1970), George C. Scott, menolak dengan alasan acara tersebut sebagai “a two-hour meat parade.” Marlon Brando yang menang Best Actor di film  The Godfather (1972) juga menolak dengan alasan adanya tindakan diskriminasi kepada penduduk asli Amerika oleh Amerika dan Hollywood. Brando kemudian mengirimkan seorang perempuan dengan nama Sacheen Littlefeather untuk mengambil piala tapi kemudian diketahui bahwa perempuan tersebut adalah seorang aktris dengan nama Maria Cruz.
  3. Tinggi Piala Oscar adalah 13,5 inci dan beratnya 8,5 pon. Oscar menggambarkan seorang seorang kesatria, memegang pedang tentara salib, berdiri di atas gulungan film. Reel film fitur lima jari-jari, menandakan lima cabang-cabang asli Academy (aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis). Tahun 1949, Academy mulai memberikan nomor untuk patung Oscar, dimulai dengan nomor 501.
  4. Berlawanan dengan pepatah lama “the show must go on,” acara Academy Awards pernah tertunda tiga kali. Tahun 1938, acara ditunda selama beberapa minggu karena banjir yang melanda Los Angeles. Tahun 1968, ditunda selama dua hari karena pemakaman Martin Luther King Jr. Terakhir acara ditunda satu hari setelah adanya percobaan pembunuhan Presiden Ronald Reagan tahun 1981.
  5. 19 Maret 1953, untuk pertama kalinya acara Academy Award disiarkan melalui televisi di Amerika Serikat dan Kanada. 13 tahun kemudian pada 18 April 1966 disiarkan berwarna untuk pertama kalinya. Di kedua peristiwa bersejarah itu, Bob Hope menjadi host
  6. Ketika Perang Dunia Kedua, Piala Oscar dibuat dari bahan plester bukan dari logam seperti biasanya.
  7. Film The Turning Point (1977) dan The Color Purple (1985) memegang rekor mendapatkan nominasi Oscar terbanyak, yaitu 11 nominasi, dan TIDAK memenangkan satu pun dari nominasi tersebut.
  8. Dua kali dalam sejarah Academy Award, dua kakak beradik dinominasikan di kategori dan tahun yang sama. Di Academy Award tahun 1941, Joan Fontaine di film Suspicion dan Olivia de Havilland di film Back the Dawn, keduanya dinominasikan di kategori Best Actress dan dimenangkan oleh Joan Fontaine. Hal ini menimbulkan kecemburuan di antara mereka semakin besar dan keduanya saling menjauh selama beberapa dekade. Kejadian yang sama terulang lagi di tahun 1966. Lynn Redgrave di film Georgy Girl dan Vanessa Redgrave di film Morgan: A Suitable Case for Treatment dinominasikan di kategori Best Actress tapi kali ini tidak ada pemenangnya.
  9. William Wyler memegang rekor nominasi terbanyak untuk kategori Best Director dengan 12 nominasi dengan memenangkan 3 di antaranya untuk film “Mrs. Miniver,” “The Best Years of Our Lives,” dan “Ben-Hur.” Sedangkan John Ford memenangkan Oscar lebih banyak untuk kategori Best Director lebih banyak daripada yang lain. Ford memenangkan empat dari lima kali dinominasikan Oscar untuk film “The Quiet Man,” “How Green Was My Valley,” “The Grapes of Wrath,” dan “The Informer”.
  10. Sejauh ini Jack Nicholson adalah aktor yang paling banyak mendapatkan nominasi yaitu 12. Disusul Sir Laurence Olivier dengan 10 nominasi serta Spencer Tracy dan Paul Newman masing-masing sembilan nominasi.
  11. Peran Adrien Brody sebagai Wladyslaw Szpilman di film “The Pianist” menganugerahkan Oscar kategori Best Actor pada tahun 2002 di usia 29 tahun 343 hari. Rekor pemenang Oscar termuda sebelumnya dipegang oleh Richard Dreyfuss pada tahun 1977 di usia 30 tahun 156 hari.

(berbagai sumber)

SHARE