Sedotan Si Penyelamat Gigi

0
55

.Anda Suka mengkonsumsi soda? Bagaimana cara Anda meminumnya? Langsung dari botol atau kaleng, menggunakan gelas, atau memakai sedotan? Tahukah Anda, ternyata  cara minum yang salah dapat membuat gigi kita berlubang.

Para profesor dari Temple University mengatakan, menggunakan sedotaan saat minum minuman soda dapat membantu kita terhidar dari gigi berlubang, asal kita bisa menggunakannya dengan benar.

Caranya, pastikan ujung sedotan tidak diletakan di antara gigi, ujar Mohammed Bassiouny, DMD, PhD, MSc, profesor dari Temple University. “Langkah terbaik untuk menyedot minuman ringan dan minuman lainnya adalah dengan meletakan sedotan langsung ke arah mulut bagian belakang,” saran Bassiouny.

Trik ini akan meminimalisir kontak langsung minuman dengan gigi kita. Pengkonsumsian soda dalam jumlah sedikit memang tidak akan menyebabkan kerusakan yang signifikan, tapi melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu lama dapat menjadi masalah.

Apalagi jika kita tidak memiliki kebiasaan merawat gigi dan mulut yang baik. Para peneliti menemukan bahwa kerusakan gigi disebabkan oleh faktor kebiasaan minum orang yang bersangkutan dan paparan minuman manis atau asam secara terus-menerus memegang peranan penting dalam memicu kerusakan yang terjadi.

Oleh karena itu, Bassiouny menyarankan kita agar bisa menikmati minuman ringan dengan menggunakan sedotan yang diletakan di belakang gigi depan, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dan mulut kita usai meneguk “si manis”.

(berbagai sumber)

SHARE