10 Lokasi Diving Terbaik di Asia

0
29

.Dengan luas sekitar 8.6% dari total luas dunia (sekitar 29.9% daratan dunia), perairan Asia merupakan surga bagi ekosistem terumbu karang paling spektakuler di dunia. Selain memiliki kekayaan hayati yang luar biasa untuk sektor ekonomi, perairan Asia juga terkenal sangat memikat di kalangan para penikmat dan pengagum aktifitas air. Meskipun malaikat juga tahu siapa yang jadi juaranya, namun satu hal yang tak boleh kita lupakan adalah sifat rapuh yang dimilikinya.  

Kegiatan manusia seperti penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi yang mengerikan telah menciptakan sebuah bentuk ancaman nyata bagi sekitar 88 persen terumbu karang di Asia Tenggara. Kronis dan tragisnya kerusakan yang terjadi telah membuat pihak berwenang Thailand menutup 18 lokasi penyelaman paling populer di perairan Thailand dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pada alam memulihkan diri dari pemutihan karang.

18 tempat diving ditutup, ratusan tempat lainnya dibuka. Dan dari ratusan titik yang menarik para diver untuk menyelami perairan Asia, ini dia 10 titik yang terbaik, yang paling spektakuler dan yang paling mempesona, dengan 4 buah lokasi sendiri berada di Indonesia.

10 Lokasi diving terbaik di Asia:

1. Pulau Sipadan, Malaysia
2. Kepulauan Similan, Thailand
3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, Indonesia
4. Mergui Archipelago, Myanmar
5. Kepulauan Raja Ampat, Indonesia
6. Kepulauan Andaman, India
7. Pulau Komodo, Indonesia
8. Tulamben, Bali, Indonesia
9. Kepulauan Kerama, Okinawa, Jepang
10. Gugusan Karang Tubbataha, Filipina

(Berbagai sumber)

SHARE