Belajar Mengamati Obyek dan Mengenali Suara

0
53

.Daya penglihatan mata si kecil berfungsi dengan baik, namun belum terlalu fokus dalam memperhatikan suatu obyek tertentu. Seperti anak kecil pada umumnya, matanya selalu mudah berpindah dari satu obyek ke obyek lain tanpa merasa perlu mengamati dengan baik.

Hal ini harus mulai diperbaiki sedikit demi sedikit. Bantu sang buah hati untuk dapat fokus dalam memperhatikan suatu benda atau seseorang. Menurut seorang spesialis aktifitas fisik, Rae Pica, caranya cukup mudah. Cari dan persiapkan benda-benda berwarna-warni dan cerah. Minta dia untuk melihatnya.

Boneka jari juga bisa dimanfaatkan. Bila tidak punya, maka tidak perlu dipaksakan. Bungkus saja jari-jemari Anda dengan kaos kaki berwarna Anda. Cobalah untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian darinya.

Gerakkan tangan ke atas dan ke bawah secara perlahan. Putar secara melingkar dan bergeraklah juga ke kanan dan ke ke kiri.

Meningkatkan konsentrasi mata dapat digabungkan dengan pengenalan suara. Gerakkan mainan anak yang dapat menghasilkan suara. Dekatkan di atas sekitar kepalanya atau di sebelahnya. Minta dia mencari letak dan sumber arah suara.

Lambat laun, kepekaan panca indera penglihatan dan pendengaran si kecil akan terasah dengan baik.

(Berbagai sumber)

SHARE