Ferrari FF, Babak Baru Supercar

0
34

.MARANELLO – Akhir pekan kemarin markas Ferrari mendapat sorotan seluruh pemerhati industri automotif di dunia. Ada apa gerangan?

Pabrikan berlambang kuda jingkrak itu secara resmi memperkenalkan Ferrari FF secara eksklusif sebelum dipajang dalam pameran Geneva Auto Show awal Maret nanti. Hebatnya lagi Ferrari menyiarkan langsung prosesi perkenalan produk barunya itu secara live dari Maranello kapada ribuan penggemarnya seantero jagad.

Dipimpin langusng oleh Ferrari Chairman Luca di Montezemolo dan CEO Amedeo Felisa, ribuan pasang mata menjadi saksi bagaimana sejarah baru Ferrari hadir di tengah-tengah persaingan supercar dunia. Rasa penasaran yang begitu menggebu oleh para pemerhati automotif memang bukan tanpa alasan mengingat FF merupakan model baru yang dibuat Ferrari bukan sekedar generasi penerus dari model-model yang sudah ada sebelumnya.

Pabrikan mobil Italia itu menyebutkan FF adalah model 4×4 terkencang yang ada saat ini. Sistem four-wheel-drive pada FF 50 persen lebih ringan dibanding teknologi yang sama pada mobil lain. Ferrari menyebutnya 4RM (Ruote Motori). Sistem yang digerakkan secara elektronik ini bisa mengatur asupan torsi maksimal baik ke roda depan maupun roda belakang sesuai dengan kondisi jalan. Dengan demikian mobil tak pernah kehilangan tenaga diputaran mesin manapun.

Disokong mesin 6.262 cc V12, FF sanggup menghasilkan daya 660 PS di 8.000 rpm. Sementara torsi puncaknya berada pada 683 Nm di putaran 6.000 rpm. Di gerakkan oleh sistem twin clutch gearbox, mobil dengan dimensi 4.907 mm x 1.953 mm x 1.379 mm ini sanggup digeber hingga 335 km/jam. Urusan akselerasi, FF hanya butuh 3,7 detik dari posisi diam hingga mencapai kecepatan 100 km/jam.

Tenaga ini 22 persen lebih tinggi dibanding 612, meski demikian sistem stop-start engine menghasilkan konsumsi bahan bakar 10 persen lebih hemat dibanding 612. Pun demikian dengan keluaran emisi gas buangnya. Jika pada 612 CO2 yang dihasilkan 470 g/km, maka untuk FF terpangkas menjadi 360 g/km.

Hasil kreasi tim Pininfarina ini juga bukan sekedar mobil dengan sistem penumpang 2+2 dengan ruang di belakang yang bisa diduduki anak kecil maupun disulap jadi bagasi. Baik kursi depan dan belakang dikabin FF dapat menampung empat penumpang dengan nyaman tapi tetap tidak meninggalkan aura sporty interior khas mobil-mobil lansiran Ferrari.

Dibagian ini produsen yang kerap memakai warna merah tersebut juga untuk pertama kalinya memperkenalkan sistem infotainment baru dengan layar ganda 5 inci touch screen pada panel instrumennya. Fitur baru ini dapat menjadi tempat pantauan informasi seputar kendaraan seperti kecepatan mobil, rpm, posisi gear, dan juga bisa difungsikan sebagai pusat hiburan bagi penumpang depan maupun belakang.

Ferrari belum menyebut berapa harga yang harus dibayar konsumen untuk nilai estetika dan kecanggihan teknologi baru ini. Semuanya akan diungkap saat gelaran Geneva Auto Show 2011.

(berbagai sumber)

SHARE