Menyepi di Bali

0
36

.Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang perayaan Nyepi pemerintah provinsi Bali telah menginstruksikan kepada semua otoritas perusahaan penerbangan, wisata dan hiburan untuk berhenti beroperasi selama satu hari penuh, atau untuk tahun ini berarti sejak matahari terbit di tanggal 5 Maret hingga keesokan harinya.

Bandara Ngurah Rai Bali dan semua pelabuhan yang menghubungkan Bali ke Jawa dan Lombok akan ditutup selama 24 jam, demikian juga dengan stasiun TV dan radio agar tidak mentransmisikan acaranya ke Bali.

Bagi masyarakat  Hindu Bali, perayaan Nyepi adalah sebuah moment istimewa yang menandai sebuah kesadaran untuk mengembalikan keseimbangan alam semesta dengan  berdiam dan berada dalam kegelapan selama 24 jam. Pada dasarnya ada 4 hal yang harus dilakukan oleh umat Hindu pada saat perayaan tahun baru Saka ini, yaitu melakukan Amati Geni (tidak menyalakan api atau menghidupkan lampu), Amati Karya (menahan diri dari semua kegiatan dan bekerja), Amati Lelungan (tinggal di rumah dan tidak melakukan perjalanan), serta Amati Lelanguan (tidak memuaskan nafsu atau terlibat dalam kegiatan menyenangkan diri). Tak hanya eksklusif untuk warga Hindu Bali, kondisi inipun juga disosialisasikan kepada seluruh wisatawan dan semua hotel serta tempat wisata di Bali.

Mungkin moment perayaan Nyepi adalah satu-satunya keadaan dimana Anda bisa menemukan suasana Bali yang asli, yang eksotis dan mistis. Saat inilah Bali mengalami harinya yang paling sunyi dan sepi, seolah aktifitas dan waktu berhenti selama satu hari di Pulau Bali. Namun sebelum semua itu terjadi, masyarakat Hindu Bali punya cara tersendiri untuk menyambut sepinya Nyepi. Pada malam Nyepi, mulai jam 6 sore pada tanggal 4 Maret, mereka akan mengarak Ogoh-ogoh (boneka raksasa yang melambangkan roh jahat Bhuta Kala) menuju Pantai Kuta. Perayaan dalam bentuk sebuah karnaval ini diikuti oleh 16 dusun di Kuta yang masing-masing akan memamerkan Ogoh-ogoh raksasa terbaik mereka untuk mencuri perhatian wisatawan dan tim juri yang melakukan penilaian. Selain pawai Ogoh-ogoh, perayaan Nyepi juga akan didahului dengan berbagai pertunjukan seni musik dan tari tradisional.

Pulau Dewata memang sungguh mempesona dan paling ahli dalam menciptakan atraksi dan hiburan, bahkan sebelum merayakan harinya yang paling sakral. Untuk menikmati moment istimewa ini, atur jadwal liburan Anda dan pastikan sampai di Bali sebelum sepi. Selamat menikmati…

(Berbagai sumber)

SHARE