Oscar 2011, All The Winners

0
34

.Inilah ajang penghargaan dunia film yang paling ditunggu. Setelah muncul berbagai ajang penghargaan dunia film lainnya sebagai pemanasan, sekarang saatnya mengetahui apakah film atau aktor favorit anda menjadi salah satu yang mendapatkan Oscar yang sudah diselenggarakan untuk ke 83 kali.  Bertempat di Kodak Theatre, untuk pertamakalinya Oscar dibawakan oleh sepasang aktor dan aktris yang berbagi panggung yang sama yaitu James Franco dan Anne Hathaway, setelah pada penyelenggaraan tahun lalu dibawakan oleh dua aktor kawakan Steve Martin dan Alec Baldwin.

Tim Gunn, Maria Menounos, Robin Roberts, Krista Smith menjadi pembawa acara pada Red Carpet untuk Oscar kali ini yang menyambut ratusan selebriti dengan setelan dan gaun terbaik mereka. Sementara musisi yang tampil menghibur untuk Oscar kali ini beberapa diantaranya adalah Celine Dion, Zachary Levi, Mandy Moore, Gwyneth Paltrow dan A. R. Rahman. Sementara pembaca pemenang tiap kategori untuk Oscar kali ini juga datang dari artis dan selebriti yang beberapa diantaranya juga menjadi nominator, sebut saja Amy Adams, Javier Bardem, Nicole Kidman, Jeff Bridges, Jennifer Hudson, Matthew McConaughey, Jake Gyllenhaal, Cate Blanchett, Justin Timberlake hingga Oprah Winfrey.

Film The King’s Speech mendominasi penyelenggaraan Oscar tahun ini dengan mendapatkan total 12 nominasi. Para nominator sebelumnya sudah diumumkan pada tanggal 25 Januari 2011 di The Samuel Goldwyn Theater, California oleh Tom Sherak, president dari AMPAS dan Mo’Nique, peraih Best Supporting Actress pada Oscar 2009. Beberapa film peraih nominasi Oscar kali ini sudah bisa kita saksikan di bioskop Indonesia sehingga kita bisa mengetahui bagaimana kualitas cerita dan akting pada film-film tersebut. Apakah ada favorit anda disana? Mari kita simak bersama.

Toy Story 3 berhasil mengalahkan How to Train Your Dragon dan The Illusionist sebagai Best Animated Feature. Penghargaan yang tadi dibawakan oleh Justin Timberlake dan Mila Kunis ini juga menandai tahun kesepuluh Best Animated Feature diberikan pada ajang Oscar. Sementara salah satu mahakarya Christopher Nolan, Inception mendapatkan penghargaan untuk Best Visual Effects, Best Sound Editing, Best Sound Mixing dan Best Cinematography. Big applause untuk tim Inception.

Dua artis The Fighters, Christian Bale dan Mellisa Leo masing-masing mendapatkan Best Supporting Actor dan Best Supporting Actress. Prestasi yang mengagumkan apalagi ketika anda sudah menonton filmnya dimana ketika credit title muncul, keluarlah tokoh asli dari Dicky Eklund yang ternyata mampu diperankan dengan sangat baik oleh Bale. Sementara The Social Network berhasil mendapatkan penghargaan untuk Best Film Editing, Best Adapted Screenplay dan Best Original Score.

Akting menawan Natalie Portman dalam memerankan Nina Sayers dalam film Black Swan diganjar penghargaan Best Actress. Aktris yang paling berbahagia pada Oscar kali ini berhasil menyingkirkan Annette Bening (The Kids Are All Right), Nicole Kidman (Rabbit Hole), Jennifer Lawrence (Winter’s Bone) dan Michelle Williams (Blue Valentine).

Dari sekian banyak nama berawalan huruf J seperti Javier Bardem (Biutiful), Jeff Bridges (True Grit), Jesse Eisenberg (The Social Network) dan James Franco (127 Hours) yang mendapat nominasi Best Actor, pemenangnya ternyata adalah Colin Firth (The King’s Speech). Pemeran Prince Albert, Duke of York / King George VI yang gagap ini mampu menyingkirkan semua aktor berawalan J dan akting luar biasanya patut mendapatkan penghargaan Best Actor sama seperti yang diraih pada Golden Globe tahun ini. Lengkap!

Penghargaan yang paling bergengsi diantara semuanya adalah Best Picture. Ada sepuluh film yang bersaing untuk memperebutkan seperti 127 Hours, Black Swan, The Fighter, Inception, The Kids Are All Right, The King’s Speech, The Social Network, Toy Story 3, True Grit dan Winter’s Bone. Film terbaik untuk penghargaan Oscar kali ini adalah The King’s Speech (Iain Canning, Emile Sherman dan Gareth Unwin). Film dengan cerita, kostum, akting yang detail ini berhasil menjadi yang terbaik untuk Oscar tahun ini.

Sebelumnya, The King’s Speech yang berjaya pada ajang BAFTA, juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Original Screenplay dan Tom Hooper (sutradara The King’s Speech) menjadi Best Director dengan mengalahkan Darren Aronofsky (Black Swan), Ethan Coen – Joel Coen (True Grit), David Fincher (The Social Network) dan David O. Russell (The Fighter). Belum lagi Colin Firth juga meraih penghargaan Best Actor. Tahun ini adalah tahunnya The King’s Speech.
 

Berikut daftar lengkap pemenang Academy Awards 2011. And the Oscar goes to …

Picture: The King’s Speech
Actor:  Colin Firth, The King’s Speech
Actress
: Natalie Portman, Black Swan
Director: Tom Hooper, The King’s Speech
Actor in a Supporting Role: Christian Bale, The Fighter
Actress in a Supporting Role: Melissa Leo, The Fighter
Original Screenplay:  David Seidler, The King’s Speech
Adapted Screenplay: Aaron Sorkin, The Social Network
Film Editing: The Social Network
Cinematography
: Inception
Animated Feature Film: Toy Story 3
Original Song: “We Belong Together” (Toy Story 3), music and lyrics by Randy Newman
Art Direction: Alice in Wonderland
Costume Design: Alice in Wonderland
Visual Effects: Inception
Sound Editing: Inception
Sound Mixing: Inception
Makeup: The Wolfman
Original Score: Trent Reznor and Atticus Ross, The Social Network
Documentary Feature: Inside Job
Live Action Short Film: God of Love
Documentary Short Subject
: Strangers No More
Foreign Language Film: In a Better World (Denmark)
Animated Short Film: The Lost Thing
The Academy’s Irving Thalberg Award: Francis Ford Coppola

Congratulation!

(berbagai sumber)

SHARE