Gonjang Ganjing Honor Pengisi Acara Keluarga Qaddafi

0
42

.Gonjang ganjing yang tengah dialami pemimpin Libya, Muammar Qaddafi, ternyata juga berimbas pada musisi dunia. Banyak musisi yang pernah berurusan dengan keluarga Qaddafi “diminta” untuk menyumbangkan honor yang pernah diterimanya. Beyonce, Mariah Carey, Usher dan 50 Cent adalah beberapa nama di antaranya yang pernah mengisi di acara keluarga Qaddafi.

“If it were me, it would go to charity,” kata Buck Williams, agen untuk R.E.M. dan Widespread Panic mengenai honor yang diterima para musisi yang pernah terlibat. Ditambahkan juga oleh David T. Viecelli, agen untuk Arcade Fire, bahwa dengan menyumbangkan honor untuk amal dapat membantu orang-orang yang menderita karena rezim pemerintahan Qaddafi.

Dikabarkan Carey menerima 1 juta dolar di acara tahun baru diselenggarakan oleh anak Qaddafi, Muatassim, yang juga penasehat keamanan nasional Libya, di Kepulauan Karibia  tahun 2008. Beyonce dan Usher juga tampil di pulau tersebut di tahun berikutnya dengan bayaran yang dirahasiakan. Sedangkan 50 Cent tampil tahun 2005 untuk Muatassim di acara festival film di Venice. Manajer Usher, 50 Cent dan Carey menolak memberikan komentar, sementara manajemen Beyonce, yang dijalankan oleh ayahnya, Mathew Knowles, tidak bisa dihubungi untuk dimintai keterangannya.

Muatassim dikenal sangat gila pesta. Beberapa minggu terakhir di YouTube muncul video Muatassim mengenakan mantel, dasi dan topi fedora berfoto dengan banyak wanita cantik di festival Venice. Dikabarkan oleh media bahwa Jay-Z, Lindsay Lohan serta supermodel Miranda Kerr dan Victoria Silvstedt ada di antara kerumunan orang yang menghadiri pesta tersebut di St. Barts pada tahun 2009. 

Berbeda dengan Nelly Furtado, dia akan menyumbangkan honornya sebesar 1 juta dolar yang diterima ketika tampil di Italia untuk keluarga Qaddafi. Hal ini dicetuskan via twitternya dengan menulis, “In 2007, I received 1 million$ from the Qaddafi clan to perform a 45 min. Show for guests at a hotel in Italy, I am going to donate the $”. Tapi jurubicara Furtado tidak mengatakan yayasan atau kemana Furtado akan mendonasikan honornya tersebut.

Akankah permintaan “sumbangkan!” ini dituruti oleh para musisi tersebut?

(berbagai sumber)

SHARE