Jangan Asal Makan Yogurt

0
38

.Mungkin Anda sering melihat tulisan-tulisan ini pada kemasan yogurt, low fat, nonfat, sugar free, natural atau organic. Hal ini kerap kali membuat
kita bingung harus memilih yang mana.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya perhatikan yogurt yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Kandungan Gula
Daripada mengecek berapa gram gula dalam sebuah yogurt, lebih baik mengecek kandungan di dalam yogurt. Hal ini dikarenakan Anda tidak akan menemukan kandungan sugar (gula) dalam plain yogurt, tetapi terdapat lactose (laktosa) yang merupakan gula alami dalam produk susu.

Kalsium
Yogurt memiliki tingkat kalsium yang berbeda-beda. Mulai dari 10-40 persen untuk kebutuhan sehari-hari dalam sekali saji. Plain yogurt merupakan yogurt yang memiliki kandungan kalsium terbesar. Sedangkan greek dan soy yogurt mengandung lebih sedikit kalsium. Jika yogurt merupakan satu-satunya sumber kalsium Anda, maka plain yogurt merupakan pilihan yang tepat.

Lemak
Mayoritas yogurt tidak mengandung lemak yang banyak. Tetapi demi kesehatan jantung, tidak ada salahnya kita mengecek kandungan lemak dalam kemasannya. Carilah yogurt dengan kandungan lemak jenuh, maksimal dua gram dalam sekali saji.

Kalori
Saat ini yogurt hadir dalam dua ukuran, yaitu ukuran untuk sekali makan saja dan ukuran besar untuk dikonsumsi beberapa kali. Perhatikan kandungan kalori pada yogurt kemasan ‘sekali makan’. Biasanya kandungan kalori yang terdapat dalam yogurt sebesar 70-230 kalori seberat 4-8 ons.

Yogurt Organik
Meskipun semua yogurt secara umum memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, namun ada beberapa kandungan yang tidak menutrisi tubuh. Misalnya pewarna, perasa dan pemanis buatan. Jika tubuh Anda tidak membutuhkan ini, untuk apa mengkonsumsinya?

Buah
Tidak selamanya yogurt buah mengandung buah asli. Beberapa terlihat seperti buah karena ditambahkan pewarna buatan, dan sebagian terasa seperti buah karena ditambahkan pemanis buatan.

Kebanyakan yogurt buah tidak mengandung lebih dari empat persen dari kebutuhan vitamin C sehari-hari. Jadi jika Anda ingin menyajikan buah dalam yogurt, lebih baik makan plain yogurt dengan menambahkan potongan buah segar ke dalamnya.

Namun jika Anda tetap menginginkan yogurt buah, cek kandungan buah alaminya. Setidaknya mengandung 25 persen kebutuhan vitamin C dalam satu hari.

Jadi jangan salah lagi ketika mengkonsumsi yogurt. Selamat makan!

(berbagai sumber)

SHARE