Mengenal Operasi Lasik

0
53

.Lasik merupakan singkatan dari Laser Assisted in-Situ Keratomileusis, sebuah metode yang dapat membantu mengatasi gangguan penglihatan, sehingga penderita tidak perlu lagi menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi lasik pada mata Anda, ada baiknya mencari tahu hal-hal yang harus diketahui tentang operasi lasik. Sebelum operasi lasik berlangsung, pasien sebaiknya membahas teknik bedah ini dengan dokter mata yang dipilihnya.

Kemudian mata pasien akan diperiksa dan mengikuti beberapa tes khusus untuk menentukan apakah operasi laser sesuai untuk pasien. Prosedur lasik sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit.

Persiapannya kurang lebih 10-15 menit antara lain adalah membuat lapisan tipis di permukaan kornea, sedangkan penyinaran laser hanya berlangsung kurang lebih selama 30 detik atau kurang. Untuk menjalani lasik, pasien tidak perlu tinggal di rumah sakit.

Selama operasi lasik, pasien tetap dalam kondisi sadar dan hanya bola mata pasien yang menjalani bius tetes. Mata pasien akan terus dibuka dengan pembuka mata. Yang harus pasien lakukan adalah menatap pada satu titik sasaran (biasanya lampu merah kecil yang berkedip-kedip) pada mesin laser.

Suara mekanik dari mikrokeratom dan saat laser mengoperasi mata dapat didengar, tetapi tidak akan terasa sakit pada saat ataupun setelah operasi. Lapisan atas kornea yang dibuka tadi dikembalikan ke posisi semula untuk menutupi daerah yang telah dioperasi.

Karena hanya lapisan dalam saja yang dioperasi, permukaan kornea sama sekali tidak disentuh, hasilnya tidak ada rasa sakit setelah operasi. Irisan tersebut akan secara alami menyambung sendiri tanpa perlu dijahit sama sekali.

Perawatan Pasca Operasi

Seusai operasi, pasien akan diberi obat antibiotik dan tetes mata (sesuai resep dokter). Obat tetes mata juga akan diresepkan ke pasien untuk menghilangkan rasa sakit yang mungkin saja dialami pasien.

Pemeriksaan lanjutan akan dilaksanakan setelah operasi, sebanyak kira-kira 3-4 kali tergantung pada kondisi mata pasien. Setelah operasi, terkadang muncul rasa lelah, mata merah dan rasa tidak nyaman tetapi tidak terasa sakit.

Atau pasien merasakan mata seperti berpasir dan sensitif terhadap cahaya. Gejala-gejala ini akan terasa selama 1-6 jam pascaoperasi dan akan mereda setelah 8-12 jam. Sangat disarankan untuk menggunakan tetes mata dan pelumas, serta menutup mata selama 1 jam pertama.

Jangan memutuskan operasi lasik karena trend. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter mata Anda.

(berbagai sumber)

SHARE