Obsesi Rp. 4,3 Trilyun AirAsia X

0
50

.Divisi penerbangan milik AirAsia yang menempuh rute penerbangan ke kawasan Eropa, AirAsia X, baru saja menandatangani kontrak pembelian tiga pesawat baru jenis Airbus A330-200 senilai RM 1.5 Milyar (sekitar Rp. 4,3 Trilyun) dalam rangka ekspansi jalur penerbangan dan harapan mengeruk pendapatan Rp. 5,7 Trilyun melalui target 2,7 juta penumpang pada tahun ini.

Dalam jangka panjang, AAX ingin lebih menguatkan posisinya di Eropa, terutama ke Paris dan London, dan kalau bisa menjelajah tujuan baru seperti Nice, Cologne, Berlin dan Moskow di daratan Jerman, kawasan Afrika, serta obsesi lama AAX untuk ikut memeriahkan penerbangan langsung dari KL-Sydney yang masih belum mendapatkan izin hingga hari ini. Sebenarnya dalam waktu dekat ini AAX sudah menyiapkan penerbangan perdana untuk menempuh rute baru ke Christchurch di New Zealand. Namun bencana gempa yang baru saja menimpa New Zealand membuat hal tersebut menjadi sesuatu yang belum memungkinkan.

Melalui pembelian pesawat-pesawat jenis Airbus A330-200 tersebut, AAX optimis bahwa masa depan konsumen penerbangan dunia akan lebih cerah mengingat jenis pesawat ini mempunyai kemampuan dalam hal efisiensi bahan bakar hingga 15%. Sampai sejauh ini total AAX telah melakukan pemesanan 28 buah pesawat A330 dan 10 buah A350. Sebanyak delapan buah pesawat A330-300 telah diterima, sedangkan pesawat jenis A350 baru akan mereka terima di tahun 2015 nanti.

(Berbagai sumber)

SHARE