Rooney Terhindar Sanksi

0
28

.Seperti yang diketahui banyak orang, pada Sabtu (26/2) kemarin, striker temperamental ini menyikut James McCharty, pemain tengah lawan, saat Manchester United mengunjungi Wigan Athletic di DW Stadium. Karena kesalahannya tersebut, Wayne Rooney hanya diberikan hukuman tendangan bebas oleh wasit.

Padahal replay tv menunjukkan Rooney sengaja menyikut McCarthy di sisi kepalanya dari samping. Tetapi wasit Mark Clattenburg hanya memberikan tendangan bebas. Namun bos Wigan, Roberto Martinez mengatakan seharusnya Rooney mendapatkan kartu merah.

Clattenburg menyampaikan kepada FA, Senin (28/2) kemarin, bahwa apa yang ia lakukan adalah keputusan yang tepat, yang berarti badan terhormat tidak dapat memproses pelanggaran disiplin terhadap striker berusia 25 tahun tersebut.

Aturan tidak memungkinkan tindakan retrospektif (tinjauan ulang) terhadap pemain jika wasit melihat pelanggaran yang dituduhkan.

Martinez mengatakan Sabtu kemarin, “Saya melihat insiden itu dengan jelas dan wasit melakukan tugasnya dengan memberikan tendangan bebas. Sudah jelas, seharusnya kartu merah. Ketika melihat tayangan ulangnya, sungguh jelas ia menyikut McCarthy di wajah. Ini seharusnya pelanggaran berat. Tapi sayangnya wasit tidak merasa perlu mengeluarkan kartu merah. Jika salah satu pemain saya melakukan itu, ia akan sangat beruntung dapat tetap di lapangan.”

Terhindar dari sanksi, Rooney akhirnya dapat bermain dalam laga liga Inggris hari ini saat melawan Chelsea.

Mantan wasit Graham Poll, mengajukan permintaan agar digunakan teknologi untuk mendukung keputusan wasit, daripada keputusan ditentukan menggunakan keputusan kedua yang terpisah. “Kita sekarang mempunyai kesempatan untuk memperbaiki apa yang salah dengan menggunakan teknologi video dan ini membingungkan saya kenapa kita tidak melakukannya,” ujar Poll kepada BBC radio 5.

Setuju! gunakan rekaman video untuk mendukung fairplay.

(Berbagai sumber)

SHARE